Perjalanan Karier Toyota Corolla Altis di Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 17:44 WIB
Perjalanan Karier Toyota Corolla Altis di Indonesia Toyota Corolla Altis generasi ke-12. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Indonesia baru saja meluncurkan generasi baru sedan legendaris Corolla Altis yang diklaim sudah mengalami penyempurnaan luar dalam. Hal paling anyar dibanding generasi sebelumnya yaitu terdapat varian baru berteknologi hybrid.

Corolla bukan barang baru di Indonesia, nama ini sudah ada sejak mengaspal pada 1971. Saat itu nama buat sedan medium ini hanya Corolla.

Di Jepang, Corolla sudah mulai dijual sejak 1966. Pengembangannya sudah melewati 12 generasi, ini merupakan salah satu bukti kesuksesan Corolla yang terus-terusan bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.


Generasi pertama Corolla hadir dengan lampu utama berbentuk bulat dan letak spion di kap mesin. Sementara jantung pacunya yaitu mesin berkapasitas 1.100 cc yang diberi kode KE10 untuk sedan, KE15 untuk coupe, dan KE16 untuk Wagon.

Generasi kedua Corolla di Indonesia meluncur pada 1975, kemudian generasi berikutnya muncul pada 1980. Generasi ketiga hanya bertahan lima tahun, selanjutnya pada 1985 generasi keempat meluncur.

Toyota terus mengembangkan Corolla, sampai pada 1988 generasi kelima diperkenalkan. Lalu dua generasi baru Corolla berikutnya meluncur pada 1993 dan 1998.

Di Indonesia mobil ini punya beberapa julukan seperti Corbet, Corolla Betawi, Corvet, Corolla Veteran, hingga Corolla DX. Julukan tersebut tergantung generasi berapa Corolla di Indonesia.

Transformasi Corolla pun terus terjadi. Pada generasi kesembilan citra Toyota Corolla mulai bergeser dari sedan kompak keluarga menjadi sedan mewah elegan. Nama Corolla akhirnya digantikan dengan Corolla Altis.

Generasi Corolla Altis muncul pada 2001, ditawarkan dua varian non-VVTi (2001-2003) dan facelift VVTi (2004-2006) dengan perbedaan pada grill, velg, head unit dan tail-lights.

Kemudian pada rentang waktu 2007, 2014, dan tahun ini generasi baru Corolla Altis terus lahir.

Toyota Corolla Altis generasi ke-12. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Berdasarkan catatan Toyota, sejak pertama diluncurkan di Jepang 1966 mobil ini telah dijual hingga lebih dari 47,6 juta unit di seluruh dunia. Penjualan Corolla sudah mencakup lebih 150 negara, termasuk di Indonesia.

Penjualan Corolla di Indonesia sejak generasi pertama sampai saat ini jumlahnya mencapai 147 ribu unit.

Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi mengatakan meski Corolla terus bertransformasi sejak dahulu hingga sekarang, ada satu sisi yang tidak hilang dan terus dipertahankan.

"DNA Corolla sebagai sedan yang punya rasa nyaman (saat dikendarai atau menjadi penumpang), dan konsep elegan terus dipertahankan," ucap Anton di Jakarta, Kamis (12/9). (ryh/fea)