Google Akan Pasang Youtube Music di Android 10

CNN, CNN Indonesia | Sabtu, 28/09/2019 16:54 WIB
Google Akan Pasang Youtube Music di Android 10 Ilustrasi (REUTERS/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Youtube Music bakal terpasang otomatis di perangkat yang sudah menggunakan Android 10. April lalu, Google sempat mengumumkan akan menggantikan Google Play Music (GPM) di Android.

Sebelumnya, pengguna mesti mengunduh sendiri Yotube Music dari Play Store. Nantinya, Youtube Music ini juga akan otomatis terpasang pada perangkat yang masih menggunakan Android 9 Pie.

"Pendengar Google Play Music di perangkat Android 10 bisa tetap menggunakan Google Play Store dengan mengunduhnya di Play Store," tulis manager produk Youtube Music Brandon Bilinski dalam blog mereka.


Sejak peluncuran Youtube Music, Google menyebut platform ini akan jadi satu-satunya layanan music berbayar mereka. Tapi, Google dinilai lambat untuk menggiring pengguna GPM ke Youtube Music.

Selain itu, para pengguna juga enggan berpindah sebelum terbukti perpindahan itu berhasil. The Verge telah mengonfirmasi perkembangan pembaruan aplikasi tersebut namun tidak mendapat kejelasan lebih lanjut. Youtube menjawab "masih dikerjakan".

Strategi Google dengan langsung memasang Youtube Music di perangkat pengguna dinilai sebagai langkah untuk memenangkan persaingan ketat di layanan streaming musik.

Youtube Music sendiri telah meluncur pada November 2015, sementara GPM meluncur 2011. Sejak saat itu, Google mengoperasikan dua layanan musik berbeda. Google lantas memberikan pilihan agar pengguna bisa berlangganan kedua layanan itu lewat Youtube Premium, seperti dilansir TechCrunch.

Namun, layanan Youtube Music saat ini tidak bisa diakses di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Layanan ini hanya tersedia di beberapa negara Eropa dan Amerika. (eks)