Mengenal Bunga Bangkai Raksasa yang Akan Mekar di Kebun Raya

CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 19:20 WIB
Mengenal Bunga Bangkai Raksasa yang Akan Mekar di Kebun Raya Bunga bangkai Amorphophallus gigas (dok. LIPI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor kini tengah menyambut anggota keluarga baru mereka yaitu jenis bunga bangkai Amorphophallus gigas. Ini adalah salah satu bunga bangkai yang tergolong raksasa ketimbang jenis bunga bangkai lainnya. Bonggol bunga ini bisa mencapai berat 70 kilogram, tingginya juga bisa mencapai 4 meter. 

Namun, bunga bangkai ini masih kalah besar dari rekannya, Amorphophallus Titanum. Titanium tercatat sebagai bunga tanpa tangkai terbesar di dunia, tinggi bunganya bisa mencapai 2,5 meter dengan lebar 1,5 meter. Di tempat kedua diikuti oleh gigas. Tinggi gigas yang bisa mencapai 4 meter, terbantu oleh batang tinggi yang menopang bunga ini. Gigas sendiri merupakan salah satu tumbuhan asli Pulau Sumatera.

Peneliti Amorphophallus dari Lembaga Ilmu Pengetahuan (LIPI) Yuzammi mengatakan gigas bisa tumbuh satu sampai tiga tahun tergantung besarnya umbi dan mekar saat malam hari.


"Amorphophallus gigas agar bisa mekar berkisar antara satu atau tiga tahun, tergantung besarnya umbi dan biasanya mekar saat malam hari. Proses tumbuhnya dimulai dari daun lalu menjadi bunga, daun ini berfungsi sebagai cadangan enegri bagi gigas," kata Yuzammi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (2/10).

Lebih lanjut kata Yuzammi, Amorphophallus gigas tumbuh di tanah yang gembur atau berpori-pori dengan asupan air yang cukup. Sebab, jika air yang masuk ke akar gigas terlalu berlebihan maka umbi bakal membusuk.

Selain itu, menurutnya tanaman ini bisa tumbuh meninggi sampai empat meter.

"Jika tumbuh di alam, tangkai gigas bisa mencapai 4 meter. Amorphophallus ini dapat tumbuh di tanah yang gembur atau berpori-pori, tetapi tanaman tidak bisa tumbuh jika asupan air terlalu banyak karena umbi gigas bisa membusuk," tutur Yuzammi.

LIPI pun menyebut Amorphophallus gigas yang tumbuh di Kebun Raya Bogor memiliki tinggi sekitar dua meter dan dapat mekar sempurna selama satu hari. Namun, bunga gigas masih bisa dinikmati dalam kurun waktu empat hari.
Mengenal Bunga Bangkai Raksasa yang Akan Mekar di Kebun RayaAmorphophallus gigas ditopang oleh batang yang tinggi (dok LIPI)

Kendati demikian, Yuzammi mengatakan Amorphophallus gigas tidak seindah saudaranya yaitu Amorphophallus titanum.

"Mekar sempurna hanya 1 hari tapi masih bisa dinikmati sampai 4 harian," ucapnya.

"Mekarnya tidak seindah titanum ya, baik dari segi bentuk, ukuran maupun warna. Tapi kalau dari sisi saya tentu semua mempunyai keindahan dan kekhususan tersendiri," sambung Yuzammi.

Yuzammi menambahkan bunga bangkai Amorphophallus gigas dapat tumbuh sekitar 40 hingga 50 tahun dan saat ini menurut data LIPI, setidaknya ada 27 jenis tanaman Amorphophallus di Indonesia. Amorphopallus gigas pertama kali ditanam di Kebun Raya Bogor pada 13 April 1997. (din/eks)