Nama-nama Artis dan Pejabat yang Punya Mobil Listrik

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 09:15 WIB
Nama-nama Artis dan Pejabat yang Punya Mobil Listrik Tesla Model 3. (tesla.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tesla Model 3 yang diluncurkan Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars pada awal bulan ini ternyata diminati banyak orang kaya. Prestige membeberkan beberapa nama pelanggan sedan murni listrik seharga lebih Rp1 miliar tersebut yang berasal dari kalangan artis sampai pejabat pemerintahan.

Presiden Direktur Prestige Image Rudy Salim mengatakan artis yang sudah menjadi konsumen Model 3 saat ini adalah Raffi Ahmad, Dian Sastro Wardoyo, dan Deddy Corbuzier.

"Ya kalau mereka sudah masuk (membeli)," kata Rudy ketika dihubungi lewat telepon, Rabu (9/10).


Sebelumnya Rudy pernah mengatakan konsumen Model 3 lainnya adalah Anggota DPR dan Presiden Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) Ahmad Sahroni.

Kabarnya juga 'keponakan Prabowo Subianto' dan keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Erwin Aksa, juga sudah menghubungi Rudy buat membeli Model 3.

"Ya, tapi belum deal. Orang itu kadang bilang mau, tapi bilangnya udah beli. Mau, kalau belum DP (uang muka) ya belum belilah," kata Rudy.

Rudy tidak mau menyebut berapa banyak Model 3 yang sudah dijual Prestige, meski begitu dia mengatakan ada beberapa konsumen potensial lain termasuk dari kalangan politikus yang sudah menghubunginya.

Selain dari perorangan menurut Rudy perusahaan taksi Bluebird juga sudah berupaya bernegosiasi sebelum membeli Model 3. Bluebird diketahui telah membeli lima unit SUV Tesla Model X 75D yang digunakan sebagai taksi eksekutif di Jakarta.


Nama-nama Artis dan Pejabat yang Punya Mobil ListrikTesla Model X Silverbird. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Puluhan Unit Terjual Sejak 2013

Rudy mengatakan Prestige sudah menjual Tesla di Indonesia sejak 2013. Jika diakumulasi penjualan mobil Tesla sudah mencapai 40 unit. Selain Model 3 dan Model X, Prestige juga melego sedan Model S.

"Ya kalau dari awal sekali iya segitu (terjual 40 unit). Satu tahun paling laku 8-9 unit," kata dia.

Ia mengatakan beberapa konsumen mobil listrik Tesla sejak dahulu berasal dari kalangan ternama misalnya Dahlan Iskan dan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Bambang diketahui malah punya dua unit Tesla sebagai koleksinya.

"Ada waktu itu kan Pak Dahlan Iskan," kata Rudy.

Populasi Mobil Listrik di Jakarta 

Menurut PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) populasi mobil listrik di Jakarta hanya 40 unit per Juli 2019. Data itu dikatakan didapat dari berbagai macam sumber.

Populasi terbanyak disebut General Manager PLN Disjaya Muhammad Ikhsan Assad disumbangkan Bluebird yang total memiliki 30 unit taksi listrik, sedangkan 10 unit lainnya dimiliki artis dan pejabat. Timpang dari mobil listrik, jumlah sepeda motor listrik di Jakarta jumlahnya ada 1.150 unit dengan populasi terbesar di Jakarta Utara. (ryh/fea)