Gojek Xcelerate Dukung Perkembangan Startup Indonesia

Gojek, CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 15:50 WIB
Gojek Xcelerate Dukung Perkembangan Startup Indonesia Gojek melalui Gojek Xcelerate merangkul para startup untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis menggunakan penerapan machine learning dalam teknologinya.(Foto: Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek Xcelerate mengajak para startup lokal dan internasional untuk menambah ilmu dan keahlian dalam machine learning. Program akselerator tersebut bertujuan untuk mendukung perkembangan startup merah putih supaya mampu tumbuh pesat dan menciptakan dampak sosial positif yang lebih luas.

Co-Founder Gojek Kevin Aluwi mengatakan program Gojek Xcelerate membuka kesempatan kepada startup lokal untuk mengembangkan bisnis.

"Ini merupakan salah satu upaya kami memberikan dampak sosial yang lebih luas bagi masyarakat melalui perkembangan industri startup dan teknologi di Indonesia," ujar Kevin melalui keterangannya, Senin (14/10).


Keberhasilan Gojek dalam menciptakan sistem berbasis teknologi tidak terlepas dari pemanfaatan machine learning yang dikembangkan Gojek selama hampir empat tahun terakhir. Tanpa mengadopsi model machine learning, Gojek membutuhkan setidaknya 10 tahun untuk bisa berkembang.

"Machine learning membantu mempelajari banyak hal mulai dari pola perilaku pelanggan hingga kondisi lalu lintas, bahkan rute baru guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Data dari jutaan pesanan yang diproses setiap hari dalam platform Gojek kami olah untuk menjawab kebutuhan pengguna."

Data yang masuk melalui platform Gojek, lanjut Kevin, kemudian dianalisis. Semakin banyak volume data memungkinkan untuk menghasilkan insight yang lebih akurat.

"Algoritma perhitungan akan semakin terlatih dengan meningkatnya volume dan kompleksitas data yang masuk. Melihat potensi besar ini, Gojek banyak mengalokasikan investasi untuk mengembangkan talenta yang paham machine learning untuk menciptakan lebih banyak solusi lewat teknologi," ujarnya.

Diketahui, terdapat 25 startup yang terpilih dalam program akselerator Gojek Xcelerate. Lima startup pada batch pertama di antaranya Crewdible (startup logistik), Izy.ai (startup industri perhotelan), Peto (startup perawatan hewan peliharaan), Qlue (aplikasi smart city), dan Travelio (startup booking akomodasi). (fef)