Palapa Ring Diminati 18 Perusahaan

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 09:36 WIB
Palapa Ring Diminati 18 Perusahaan Proses pengerjaan proyek Palapa Ring Tengah. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) yang menangani pemanfaatan Palapa Ring Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan sebanyak 18 perusahaan telekomunikasi berminat untuk menggunakan infrastruktur kabel optik tersebut.

"Yang berminat menggunakan Palapa Ring 18 dan sedang uji coba 2 perusahaan," kata Kepala Divisi Layanan TI, Yulis Widyo Marfiah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (15/10).

Proyek Palapa Ring telah selesai dibangun dan baru saja diresmikan kemarin (14/10) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Berikut daftar perusahaan yang berminat menggunakan layanan Palapa Ring.

1. Peminat (16 Perusahaan)
Peminatan sebanyak 16 perusahaan, yaitu:
- PT. Parsaoran Global Datatrans,
- PT. Smartren,
- PT. XL Axiata,
- PT. Mora Telematika Indonesia,
- PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia,
- PT. Ambhara Duta Shanti,
- PT. Citra Berdikari Nusantara,
- PT. Time Excelindo,
- PT. Artha Telekomindo,
- PT. Arsenet Global Solusi,
- PT Tower Bersama Group,
- PT FiberStar,
- PT Bintang Komunikasi Utama,
- PT Icon+,
- PT. PeGasCom, dan
- PT British Petroleum (BP).


2. Uji coba (2 Perusahaan)
- PT Telekomunikasi Indonesia, dan
- PT. Primacom Interbuana.

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan tulang punggung internet cepat nasional yang menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU.

PT Telkom telah mengintegrasikan backbone serat optik di 457 Kabupaten/Kota melalui skema Non-KPBU. Penggelaran Palapa Ring oleh Pemerintah sepanjang lebih dari 12 ribu km di 57 kabupaten/kota di 11 provinsi.

PT Palapa Ring Barat, PT LEN Telekomunikasi Indonesia, PT Palapa Timur Telematika, pemerintah melalui BAKTI telah menuntaskan pembangunan Palapa Ring di seluruh ibukota kabupaten/kota di Indonesia pada bulan Agustus 2019. (jnp/eks)