Catatan 3 Koleksi Mobil Menteri Perhubungan Budi Karya

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 22:05 WIB
Catatan 3 Koleksi Mobil Menteri Perhubungan Budi Karya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berdasarkan Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per Maret 2019, Budi Karya Sumadi yang bakal menjabat Menteri Perhubungan untuk pemerintahan kedua Joko Widodo (Jokowi) mengoleksi tiga mobil yang dijadikan aset.

Mobil pertama yang dimilikinya yaitu MPV bongsor buatan Toyota, Vellfire, yang diproduksi pada 2013. Nilai mobil tersebut Rp350 juta yang dijelaskan berdasarkan hasil sendiri.

Vellfire merupakan mobil langganan yang dibeli pejabat dan eksekutif lainnya. Model sejenis Alphard yang didesain mengotak ini punya kabin luas dan unggul soal kenyamanan.

Selanjutnya Budi juga memiliki satu Sport Utility Vehicle (SUV) lansiran Toyota, yakni Fortuner produksi 2016. SUV ini ditaksir senilai Rp375 juta.


Masih menurut data tersebut, Budi memiliki satu kendaraan lagi yaitu Mercedes-Benz jenis SUV produksi 1995. Tidak disebutkan apa modelnya, namun nilai mobil tersebut Rp50 juta.

Total kekayaan Budi yang terlapor dalam LHKPN jumlahnya Rp38.439.303.237.

Budi mengklaim dirinya kembali dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Hal ini dia sampaikan usai melakukan pertemuan tertutup bersama Jokowi pada Selasa (22/10) di Istana Negara.

Secara khusus Budi mengatakan Jokowi meminta dia memperkuat koordinasi dengan Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan sektor wisata serta logistik.

Tugas lain yang diminta Jokowi, Budi bilang terkait membangun berbagai fasilitas publik, seperti pelabuhan, bandara, dan lainnya.

"Pak Presiden memberi amanah kepada saya. Banyak tugas yang harus dilakukan. Tugas yang selalu disampaikan bahwa Indonesia dengan pulau yang banyak, harus dipastikan ada konektivitas yang baik. Secara khusus dukung pariwisata, logistik. Jadi saya ditugaskan menjadi Menteri Perhubungan," kata Budi di Istana Kepresidenan Jakarta. (ryh/fea)