Diasuh Polhukam, Menkominfo Bantah Industri Digital Mandek

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 14:24 WIB
Diasuh Polhukam, Menkominfo Bantah Industri Digital Mandek Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate membantah perkembangan industri digital akan mandek karena kementeriannya berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

Johnny menjamin industri digital akan terus berkembang, meskipun Kemenkominfo berada di bawah koordinasi Kemenkopolhukam. Ia menjamin Kemenkominfo akan senantiasa menjadi fasilitator dan akselerator bagi seluruh perusahaan rintisan (startup) tersebut.

"Berada di Kemenko Polhukam atau di Kemenko mana-mana saja, Kominfo akan tetap aktif memberikan ruang di sektor bisnis digital telekomunikasi dan Informatika dengan baik," kata Johnny di Kantor Kemenkominfo, Kamis (31/10).


Johnny mengatakan pihaknya terus melakukan deregulasi demi perkembangan startup dan menyesuaikan perkembangan industri digital yang tak bertepi.
Pernyataan Johnny diungkapkan menanggapi kekhawatiran Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) terkait mandeknya perkembangan startup karena perspektif Kemenkopolhukam adalah mengenai politik hukum dan keamanan.

Pada akhirnya perspektif itu justru membatasi Kemenkominfo untuk mengembangkan industri digital. Padahal industri digital sering berkembang tanpa adanya aturan.

Johnny mengatakan pada intinya perkembangan startup harus didorong kuat oleh Kemenkominfo dan pemangku kebijakan terkait. Ia yakin begitu ada dorongan kuat, startup bisa berkembang sesuai dengan perkembangan digital.

"Startup silakan, kami justru di sini melakukan deregulasi untuk mengajak startup lebih cepat. Kita kan punya target untuk adanya startup baru itu 1.000," kata Johnny.
[Gambas:Video CNN] (jnp/lav)