Tips Tekno

Cara Aktifkan Fitur Khusus Agar Medsos Tak Jadi Candu

CNN Indonesia | Senin, 04/11/2019 09:16 WIB
Cara Aktifkan Fitur Khusus Agar Medsos Tak Jadi Candu Ilustrasi (LoboStudioHamburg/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menggulung linimasa media sosial sembari melihat foto di Instagram, tulisan di Facebook, atau video di Youtube memang asyik. Namun, jika kegiatan ini sudah berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, hal ini tergolong sebagai gangguan mental.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada jurnal JAMA Pediatrics, konsumsi media sosial ternyata berkaitan dengan depresi pada remaja. Semakin lama remaja menghabiskan waktu di media sosial, gejala depresi makin parah. Menurut studi tersebut, tiap tambahan satu jam di media sosial berpengaruh meningkatkan gejala depresi.

Pihak media sosial pun banyak mendapat tekanan untuk membatasi agar para pengguna bisa menyadari berapa lama waktu yang mereka habiskan di media sosial.

Facebook, Instagram dan Youtube telah menyediakan fitur pembatas waktu yang dibawa oleh aplikasi itu sendiri. Berikut penjelasannya.


Instagram

Pengguna Instagram bisa mengatur sendiri batas waktu mereka menggunakan media sosial itu lewat fitur pengingat. Dengan fitur ini, pengguna bakal dapat peringatan jika Instagram sudah digunakan melebihi batas waktu.

Berikut cara untuk mengaktifkan fitur tersebut:
- Klik tombol Profil di kanan bawah
- Pilih Your Activity atau Aktivitas Anda
- Lalu tetapkan pengingat harian atau 'Set Daily Reminder'. Pada pengaturan ini, Anda tinggal memasukkan berapa batas waktu yang diinginkan.

Setelah pengingat aktif, notifikasi akan muncul apabila telah mencapai batas waktu. Namun fitur ini tidak dapat memblokir akses atau hanya sekadar memberikan pengingat.

Selain itu, pengguna juga dapat melihat rata-rata harian waktu yang dihabiskan per harinya dalam satu minggu. Untuk pengaturan yang lebih ketat, Anda bisa mematikan seluruh notifikasi dari Instagram.

Facebook

Sebagai induk Instagram, fitur serupa juga hadir di Facebook. Namun, di aplikasi ini punya nama yang sedikit berbeda yaitu Your Time on Facebook (waktu yang Anda habiskan di Facebook).

Cara untuk mengaktifkannya:
- Buka menu yang ada di bagian kanan atas aplikasi Facebook
- Ketuk pilihan 'Your Time on Facebook'
- Pilih Set Daily Time Reminder (tetapkan waktu pengingat harian)
- Masukkan waktu yang akan ditentukan.

Notifikasi akan muncul jika Anda telah mencapai batas maksimum pengunaan Facebook.

[Gambas:Video CNN]

Youtube

Youtube juga menyematkan fitur pengingat serupa yang dinamakan "Remind Me to Take a Break" (ingatkan saya untuk mengambil jeda).

Cara untuk mengaktifkannya:
- Buka aplikasi Youtube,
- Klik pada foto profil Anda
- Pilih Settings atau Pengaturan
- Pilih General atau umum
- Aktifkan tombol geser Remind Me to Take a Break.
- Pilih waktu yang diinginkan

Setelah opsi ini diaktifkan, akan muncul notifikasi ketika batas waktu penggunaan Anda telah habis.

Facebook, Instagram, dan Youtube, memang menyediakan pengaturan yang dapat mengingatkan pengguna saat telah menggunakan aplikasi melebihi waktu yang telah ditentukan.

Namun ketiganya hanya sebatas sebagai pengingat saja. Setelah notifikasi muncul, Anda dapat mengabaikannya dan melanjutkan kegiatan pada aplikasi tersebut.

Jika Anda benar-benar ingin membatasi diri, Andadapat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau juga fitur bawaan dari ponsel yang dapat memblokir aplikasi jika telah sampai batas waktu. (ndn/eks)