Pemerintah-Hyundai Sepakat Impor 50 Ribu Mobil ke Indonesia

Febri Ardani, CNN Indonesia | Rabu, 27/11/2019 11:41 WIB
Pemerintah-Hyundai Sepakat Impor 50 Ribu Mobil ke Indonesia Ilustrasi logo Hyundai. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesepakatan antara Hyundai Motor Company (HMC) dengan pemerintah Indonesia di Korea Selatan, hari ini Selasa (26/11), bukan hanya terkait pendirian fasilitas produksi mobil di Deltamas Industrial Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, namun juga membahas tentang rencana impor 50 ribu unit.

Sumber CNNIndonesia.com mengatakan, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi akan mendukung penuh impor HMC maksimum 50 ribu kendaraan Completely Built Up (CBU) dari Korea Selatan, India, atau negara lainnya selama periode 2019-2024.

Menurut MoU lagi kedua pihak bakal mendiskusikan secara terpisah tentang kemungkinan pembebasan bea masuk dan pajak impor CBU tersebut.


Hal ini bisa jadi berkaitan tentang Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan.

Di dalam peraturan ini menyebutkan sebelum memulai produksi lokal, produsen dapat melakukan pengadaan kendaraan berteknologi listrik berbasis baterai melalui skema impor CBU.

Meski begitu disebutkan impor hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu dan jumlah tertentu sejak dimulainya pembangunan pabrik.

HMC diketahui bakal melakukan investasi sebesar US$1,5 miliar senilai sekitar US$1,54 miliar (sekitar Rp21,8 triliun dengan asumsi kurs Rp14.094 per US$) yang terbagi dalam dua periode.

Periode pertama, yakni US$702 juta, dikucurkan pada Agustus 2019-Desember 2021 sedangkan periode kedua, US$847 juta, diberikan pada Januari 2022-Desember 2030.

Total investasi itu akan dipakai buat membangun pabrik perakitan mobil dan komponen, fasilitas produksi kendaraan listrik, pusat riset dan penelitian, fasilitas produksi transmisi, serta pengembangan model produksi massal.

Investasi itu akan disalurkan melalui anak perusahaan HMC yang baru didirikan, yaitu Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). MoU juga menyatakan HMC berusaha 50 persen kendaraan produksi Indonesia bakal diekspor. (fea/mik)