Grab Hadirkan Fitur Baru untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara

Grab, CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 17:27 WIB
Grab Hadirkan Fitur Baru untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab terus berkomitmen untuk memberikan akses transportasi yang aman bagi semua orang. Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan Safety Roadshow dengan meluncurkan inovasi fitur-fitur keamanan baru.

Ketersediaan fitur baru itu diharapkan dapat mendorong kesadaran aman berkendara baik bagi mitra pengemudi maupun pelanggan Grab.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan berbagai inovasi terus dilakukan agar terus meningkatkan keamanan dan keselamatan dalam berkendara agar angka kecelakaan 'nol insiden' dapat dicapai.


"Saat ini mitra pengemudi maupun penumpang akan merasa lebih aman dalam perjalanan berkat fitur terbaru berupa Safety Center dan Share My Ride, yaitu pemantauan perjalanan bagi penumpang dan mitra pengemudi. Grab juga melakukan psikotes dalam proses perekrutan mitra pengemudi GrabCar, dengan tujuan meningkatkan kualitas para mitra pengemudi," ujar Neneng melalui keterangannya, Jumat (24/1).

Inovasi fitur keselamatan yang baru diluncurkan antara lain Share My Ride/Bagikan Informasi Perjalanan, Report a Safety Issue/Laporkan Masalah Keselamatan, dan Get Emergency Assistance/Dapatkan Pertolongan Darurat. Ketiganya bisa ditemukan di layanan Pusat Keselamatan. Dengan begitu, membuat pengguna lebih mudah dan cepat mengaksesnya.

Di sisi lain, Head of Platform Safety Grab Indonesia Mochammad Fadjar Wibowo menambahkan pihaknya selalu fokus dalam keunggulan operasional untuk meningkatkan standar keselamatan transportasinya.

"Kami telah berinvestasi dalam operasi keselamatan penting seperti respons insiden keselamatan 24/7, perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk setiap perjalanan, serta pemeriksaan latar belakang mitra pengemudi yang ketat sebelum mengikat kemitraan," ujarnya.

Standar Keselamatan Grab Lebih Unggul
Meskipun tidak ada standar keselamatan taksi atau transportasi online yang seragam di seluruh region/kawasan, Grab membandingkan kinerja keselamatannya dengan standar minimum Kualitas Layanan yang ditetapkan regulator transportasi darat Singapura untuk industri taksi.

Layanan ride-hailing Grab di seluruh Asia Tenggara lebih aman daripada standar taksi Singapura yang terhitung sudah tinggi. Saat ini, layanan ride-hailing transportasi Grab 1,2 kali lebih aman daripada standar industri taksi Singapura dalam hal kecelakaan terkait pengemudi; dan 1,9 kali lebih aman dalam hal pelanggaran terkait pengemudi. (fef)