Sejak Gabung GrabKios, Bisnis Pulsa Kian Moncer

Grab, CNN Indonesia | Sabtu, 18/01/2020 22:39 WIB
Sejak Gabung GrabKios, Bisnis Pulsa Kian Moncer Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan teknologi yang semakin canggih menawarkan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satunya berbisnis online. Usaha berbasis online kini telah menjamur. Tanpa perlu bertatap muka, penjual dan pembeli dapat bertransaksi.

Begitu pula yang dijalani oleh Ayu yang merasakan masa transisi menjalani usaha dari offline ke online.

Ayu merintis usaha konter pulsa bersama suaminya sejak 2005. Saat itu, Ayu masih menggunakan banyak ponsel dalam menjalankan transaksi. Karena diperlukan chip atau kartu dari masing-masing operator seluler untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat.


"Jadi manual, satu handphone [untuk] satu provider. Kebutuhan orang-orang kan tidak sama semuanya," ujar Ayu dikutip dari akun Grab, Jumat (17/1).

Selain itu, dalam mendapat suplai isi ulang saldo pulsa yang akan dijual pun sering terhambat. Tidak semua sales operator seluler rutin bertandang ke kiosnya. Hal ini mengakibatkan sering terjadi saldo habis atau stok kosong. Belum lagi jadwal pemberian stok dari provider hanya satu minggu satu kali.

Hambatan Ayu bertambah ketika memasuki tahun 2009 dengan adanya kebijakan cluster yang mengakibatkan pembatasan kuota antardaerah dan pengisian pulsa. "Kalau mau ngisi keluar kota ada jatahnya. Kalau penjualan melebihi jatah cluster, kita bisa diblokir dan enggak dikasih saldo," ujarnya.

Namun sejak menjadi agen GrabKios, semua kendala itu tidak lagi Ayu alami. Ia tidak perlu memiliki stok pulsa maupun kuota tiap provider.

"Hanya bermodalkan smartphone, kemudian download aplikasi GrabKios, semua sudah jadi satu. Walaupun kita isi saldonya sedikit, tapi kita bisa menjual semua item. Lebih praktis dan cara pengecekannya juga mudah," terangnya.

Dalam satu hari, Ayu mampu mencatatkan transaksi sebesar Rp4-5 juta. Jika saldonya habis, Ayu hanya perlu melakukan top up saldo OVO saja.

Fitur Lengkap

GrabKios pada dasarnya menjembatani dunia perdagangan online dan offline dengan berbagai jenis produk yang dibutuhkan masyarakat. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur yang lengkap, seperti membayar tagihan listrik, internet, BPJS, transfer bank.

GrabKios menawarkan kesempatan bagi jutaan orang Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka melalui teknologi. Pasalnya, GrabKios menyediakan akses ke berbagai macam pilihan produk serta layanan yang bisa diakses melalui aplikasi.

Model bisnis yang diusung GrabKios memungkinkan siapa saja menjadi agen atau reseller untuk menjual berbagai produk. Agen-agen bakal dibekali komputer tablet dan aplikasi GrabKios untuk menawarkan produk kepada orang-orang yang belum memakai ponsel pintar atau belum memakai internet. (fef)