Bill Gates Prediksi Vaksin Corona dan Sebut Lockdown Penting

CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 18:57 WIB
Bill Gates Prediksi Vaksin Corona dan Sebut Lockdown Penting Bill Gates ungkap pentingnya Lockdown hadapi Corona. (Tobias SCHWARZ / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi vaksin virus corona (SARS-CoV-2) bisa ditemukan dalam kurun waktu 18 bulan ke depan. Saat ini berbagai organisasi tengah melakukan penelitian untuk menemukan vaksin virus corona pertama di dunia.

"Vaksin pertama akan bisa didapatkan oleh tenaga kesehatan. Ini bisa terjadi kurang dari 18 bulan apabila semuanya berjalan dengan baik," kata Gate.

Bill & Melinda Gates Foundation adalah salah satu pendukung dari Koalisi Persiapan Inovasi Pandemik yang mendukung pendanaan kepada para peneliti untuk mencari vaksin corona. Koalisi ini telah mengumumkan proyek COVID-19 yang ketujuh.


"Kita harus membangun banyak manufaktur untuk berbagai melakukan pendekatan karena beberapa pendekatan akan gagal Kita akan membutuhkan miliaran vaksin untuk melindungi dunia. Vaksin memerlukan pengujian untuk memastikan mereka aman dan efektif," kata Gates.


Prediksi Gates sejalan dengan prediksi beberapa pemegang kepentingan. Kepala Bagian Penyakit Menular National Institutes of Health, Anthony Fauci mengatakan kepada wartawan bahwa prosesnya penemuan vaksin akan memakan waktu 12 hingga 18 bulan.

Dilansir dari Business Insider, Gates juga membagikan surat yang ditulisnya pada  2015 yang merinci Amerika Serikat tidak siap menghadapi epidemi berikutnya. Pada saat itu, lebih dari 10 ribu orang telah tewas dalam wabah Ebola di Afrika Barat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlah vaksin memadai tidak tersedia hingga puncak penularan Ebola.

"Apa yang telah saya pelajari sangat menyadarkan. Separah-parahnya epidemi ini [Ebola], yang berikutnya bisa jauh lebih buruk. Dunia sama sekali tidak siap menghadapi penyakit misalnya  flu khusus yang ganas yang menjangkiti banyak orang dengan sangat cepat," kata Gates.

[Gambas:Video CNN]

Lockdown Penting

Gates kemudian mengatakan Centers for Disease Control (CDC) perlu memiliki portal pusat yang memungkinkan masyarakat mengunggah gejala virus corona dan di tes dalam waktu kurang 24 jam.

Gate menekankan perlunya lockdown dan kurangnya tes corona skala besar di Amerika Serikat. Ia menambahkan bahwa tes corona di Amerika Serikat belum terorganisir.

Dilansir dari TNW, Gates juga menegaskan pentingnya lockdown. Sebab negara lain telah berhasil mengurangi penularan corona dengan menerapkannya secara efektif.

(jnp/DAL)