Besok, Venus Akan Bersinar Paling Terang Sepanjang 2020

jnp | CNN Indonesia
Senin, 27 Apr 2020 17:45 WIB
bintang kejora, venus, jupiter langit malam Venus bakal terlihat paling terang sepanjang 2020 besok malam (Screenshot via web Nasa.gov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Venus bakal terlihat sangat cerah dari Bumi pada pekan ini. Tingkat kecerahan paling tinggi planet ini sepanjang 2020 bisa disaksikan besok (28/4).

Warga Jakarta dan sekitarnya bisa mengamati Venus untuk menemani kala Pembatasan Sektor Berskala Besar (PSBB) akibat wabah Covid-19.

Venus akan terlihat cemerlang di barat dan dapat diamati di rasi Taurus. Venus yang sedang cemerlang ini di Indonesia dikenal dengan sebutan bintang kejora.

Venus bisa mulai diamati pada Senin (27/4) pada pukul 20.22 WIB setelah matahari terbenam dan pukul 20.20 WIB pada Selasa (28/4).

Untuk memudahkan pencarian rasi tersebut, pengguna bisa mengunduh aplikasi pemantau langit seperti Google Sky Map atau Star Tracker.

Pada 26 April lalu, situs Langit Selatan mengatakan bulan sabit tipis dan Venus akan berpapasan dekat dengan jarak 6 derajat di rasi Aries setelah Matahari terbenam. Keduanya tampak 29º di atas horison barat laut saat matahari terbenam dan perlahan menuju ufuk untuk terbenam pada pukul 20:15 WIB. 

Setelah pertemuan dekat dengan bulan, Venus akan bercahaya terang untuk dua hari setelahnya  sampai mencapai kecerahan terbesar tahun ini pada Selasa (28/4).

Pada tingkat keterangan maksimal,  planet ini akan bersinar pada magnitudo -4,7. Magnitudo  adalah pengukuran kecerahan yang digunakan oleh para astronom, dengan angka yang lebih rendah menunjukkan objek yang lebih terang. Angka negatif menunjukkan objek yang sangat terang.

Venus saat ini adalah objek paling terang kedua di langit malam, nomor dua setelah bulan. Pada Selasa malam, Venus bersinar lebih dari sembilan kali lebih terang daripada Jupiter.

Venus juga akan lebih terang setidaknya 20 kali lipat dari Sirius yang merupakan bintang paling terang di langit malam Bumi.

Dilansir dari Space, setelah minggu ini, Venus akan perlahan-lahan meredup sebelum planet ini menghilang akibat sorotan matahari pada akhir Mei. Venus akan muncul kembali pada awal Juni. (eks/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER