Cara Kembalikan Foto yang Terhapus di Android

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 20:54 WIB
Xiaomi: Android One Mi A2 + Mi A2 Lite Ilustrasi (CNN Indonesia/Rebeca Joy Limardjo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ingin mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus di galeri pada handphone Android? Atau mungkin anda sengaja menghapus foto namun hendak mengembalikannya lagi?

Anda masih punya cara mengembalikan foto yang terhapus di memori internal Android tersebut.

Foto tersebut masih bisa kembali, sebab foto yang sudah dihapus belum benar-benar hilang. Foto masih tersimpan di penyimpanan memori pada ponsel.


Foto yang dihapus tetap berada dalam sebuah ruang memori, tapi ruang yang ditempati foto itu diidentifikasi sebagai "tidak digunakan". Sehingga, memori itu dapat ditimpa oleh data baru.

Jika Anda ingin mengembalikan foto yang sudah terhapus, sebaiknya tidak menggunakan handphone Anda terlebih dulu. Baik untuk mengirim pesan, memasang aplikasi baru, mengambil foto, dan lain-lain.

Sebab penggunaan dalam bentuk apa pun dapat menghasilkan data baru yang bisa menimpa lokasi memori foto Anda yang sudah terhapus.

Berikut aplikasi untuk bisa kembali memulihkan foto yang sudah terhapus, berikut adalah beberapa aplikasi tersebut:

1. Fonepaw

Melansir dari laman resminya fonepaw android data recovery mengklaim bahwa mereka adalah program desktop yang dapat dengan cepat mengembalikan foto lama dan yang sudah terhapus dari ponsel dan tablet Android.

Aplikator ini hanya mendukung beberapa format gambar yang dapat dipulihkan kembali, yakni jpg, png, gif, bmp, webp, dan tiff.

Sepenuhnya kompatibel memulihkan foto di handphone android beberapa merk, seperti Samsung Galaxy, HTC One, LG, Sony Experia, Huawei Mate, Xiaomi, dan beberapa merk lain.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengunduh aplikasi ini di Personal Computer (PC) atau laptop. Anda dapat mengundungnya dengan membuka laman fonepaw.com, selanjutnya ikuti langkah berikut:

  • Hubungkan Handphone Android ke PC
    Buka aplikasi yang telah terunduh tadi di PC, kemudian pastikan anda telah mengaktifkan debuggig USB pada ponsel sehingga dapat terdeteksi oleh program.
  • Pilih "Find to Deleted Photos" pada aplikasi di PC
    Setelah handphone android anda terhubung dengan PC, layar akan menampilkan beberapa pilihan "Please choose the file types you want to recover...".
  • Untuk mengambil gambar yang dihapus dari galeri Android, pilih "Galery" atau "Picture Library" kemudian klik tombol "Next" untuk melanjutkan.
  • Biarkan aplikasi Fonepaw memindai foto yang terhapus
    Aplikasi ini memerlukan izin dari anda untuk mengakses data yang dihapus. Buka ponsel, aktifkan install via USB di "Developer Option"
  • Selanjutnya pada handphone anda aktifkan permintaan fonepaw dengan mengklik perintah "allow the Fonepaw  apps request" untuk mengakses data. Kemudian klik "Scan Authorized File" untuk mulai memindai foto yang terhapus.
  • Pratinjau dan Kembalikan Foto yang Terhapus
    Proses pemindaian akan memakan waktu, ketika layar menunjukkan proses 100 persen maka artinya proses pemindaian selesai.
  • Setelah terpindai, layar akan menampilkan gambar-gambar, anda dapat klik "Galery" atau "Pictur Library" di panel sebelah kiri layar untuk memeriksa foto yang telah terhapus hendak kembali.

Jika cara mengembalikan Foto yang Terhapus di Memori Internal Android melalui Fonepaw belum membuahkan hasil berarti file tersimpan pada file jauh.

Anda dapat klik "Deep Scan" untuk mencari lebih banyak foto yang telah terhapus pada ponsel. Setelah mendapatkannya anda dapat mengunduh foto yang terpilih. Anda dapat mengunduh dengan ukuran penuh foto.

Cara mengembalikan tinggal arahkan kursor pada gambar, klik kanan pada mouse, kemudian akan muncul beberapa piliha, tinggal pilih "Recover" untuk mengambilnya ke PC.

Sebagai catatan, foto akan terunduh dengan cache, foto akan tersimpan dengan format jpg, dan akan diurutkan berdasarkan jenis file di PC anda. Sebab foto masih berada di PC, anda dapat memindahkannya kembali ke handphone, dapat dipindahkan dengan kabel USB atau cara lainnya.

2. Ease Us

Saat Anda menghubungkan ponsel Android Anda ke komputer, program dapat mengenalinya dan memindai untuk menemukan semua file Anda yang hilang termasuk foto, tidak peduli file Anda disimpan pada kartu memori atau memori internal.

EaseUS MobiSaver untuk Android adalah program berbayar. Tetapi Anda dapat mengunduh versi uji coba secara gratis. Untuk versi gratis ini mengharuskan handphone smartphone android dalam kondisi telah di root.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi ini terlebih dulu di PC. Tinggal buka website resminya dan ikuti panduan pengunduhan. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Hubungkan handphone smartphone android anda dengan PC
  • Setelah tersambung aplikasi akan memindai sendiri mencari semua hal yang hilan dari ponsel anda
  • Layar akan menampilkan semua file yang pernah terhapus dari ponsel anda pada layar PC, kemudian anda bisa lakukan pratinjau.
  • Anda dapat memilih "Only Display deleted items" untuk hanya melihat daftar file yang telah terhapus
  • Terakhir anda tinggal pilih "Recovery" pada file yang ingn dipuluhkan, maka file akan kembali ke dalam pangkuan, setelahnya tinggal pindahkan file dari PC ke handphone jika ingin.

3. Dr.Fone

Sebelum Anda mulai, pastikan bahwa versi berjalan dari toolkit Dr.Fone diinstal pada sistem Anda. Jika tidak, maka Anda selalu dapat mengunduh Dr.Fone - Data Recovery melalui laman resmi.

  • Setelah itu anda dapat memilih "Data Recovery"
  • Hubungkan ponsel dengan PC anda
  • Segera setelah Anda menghubungkan ponsel Anda ke sistem, Anda akan mendapatkan pesan pop-up tentang USB Debugging di layar Anda. Cukup ketuk tombol "OK" untuk menyetujuinya.
  • Aplikasi secara otomatis akan memindai file yang telah terhapus dari handphone smarthphone android
  • Ketika proses selesai, Anda dapat melihat pratinjau data Anda. Ini akan dipisahkan ke dalam berbagai kategori. Pilih file yang ingin Anda ambil dan klik tombol "Recover" untuk menyimpannya.
  • Terakhir, cara mengembalikan Foto yang Terhapus di Memori Internal Android dengan aplikasi ini adalah pindahkan ke Handphone setelah file terunduh di PC.
(ndn/eks)

[Gambas:Video CNN]