Pengguna IndiHome Keluhkan Gangguan Tak Bisa Akses Internet

eks, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 11:00 WIB
Pengguna Indihome keluhkan gangguan tak bisa akses internet. Pengguna IndiHome keluhkan gangguan internet (CNN Indonesia/ Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna Telkom IndiHome mengeluh jaringan internet mereka bermasalah siang ini (13/8).

Salah satu pengguna di kawasan Bekasi Gilang Fauzi mengeluh tak bisa mengakses internet sekitar pukul 10:20 WIB.

Saat itu ia sedang mengakses streaming video dan tiba-tiba video selanjutnya tak bisa dimainkan dan muncul peringatan situs tak bisa diakses.

"Tadi pakai jaringan Indihome di laptop sekitar pukul 10.20, trus mo next play, pindah channel, muter lama, tampilannya situs muncul peringatan this site cannot be reach," tuturnya saat dihubungi, Kamis (13/8).


Saat ia mengecek ponsel, ia pun tak bisa mengirim pesan singkat lewat Whatsapp. Lepas 30 menit, ponsel kembali bisa mengirim pesan instan, namun aplikasi peramban tak bisa digunakan.

"Cek di HP, kirim pesan wasap juga muter-muter," tuturnya.

Hal serupa dikeluhkan Aulia Diza yang tinggal di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Menurutnya, ia kehilangan koneksi sekitar pukul 10:00 WIB.

Koneksi Wifi Indihome di ponselnya menunjukkan keterangan tidak tersambung dengan internet atau "no internet".

"Gak bisa buat akses internet sama sekali," kata Diza.

"Tadi sempet minta restart router, tetep gak ngefek," lanjutnya.

Keluhan jaringan IndiHome eror juga banyak dicuitkan netizen di Twitter.

"Halo min @TelkomCare ini Indihome lagi gangguan ya," cuit Winarto salah seorang netizen dengan akun @ExcelJosaphine.

Seorang netizen lain juga mengeluh layanan pelanggan IndiHome 147 tak bisa dihubungi.
"@IndiHome internet saya ga bisa nih. 147 juga ga bisa di telfon,"

Pihak Telkom mengakui soal gangguan internet bagi para pengguna di Indonesia hari ini. Dalam keterangan resmi, Telkom menyebut gangguan sempat terjadi beberapa saat. Namun kini jaringan telah kembali normal. 

Sebelumnya, internet pengguna Telkom IndiHome dan Telkomsel di kawasan Sumatera sempat mengalami gangguan Selasa (11/8). Gangguan itu akibat kebakaran Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru, Riau. 

Pada Selasa malam Telkomsel menyebut jaringan mereka sudah pulih 100 persen. Tapi hingga Rabu petang, pengguna masih mengeluhkan jaringan yang tidak stabil. 

Belakangan, Telkom menyebut layanan Telkomsel dan IndiHome di Pekanbaru memang belum stabil hingga Rabu (12/8). Koneksi yang tidak stabil terjadi lantaran pemulihan dilakukan secara bertahap.

Masih belum diketahui apakah gangguan jaringan yang dirasakan pengguna IndiHome hari ini terkait dengan kasus kebakaran STO Telkom di Pekanbaru, Riau.

(eks)

[Gambas:Video CNN]