Mitsubishi Mulai Produksi Xpander di Malaysia

fea, CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 15:11 WIB
Malaysia adalah negara ketiga yang memproduksi Xpander setelah Indonesia dan Vietnam. Proses produksi Mitsubishi Xpander di Indonesia. (Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produksi Xpander di Malaysia telah resmi dimulai menurut pernyataan resmi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada Rabu (28/10). Malaysia merupakan negara ketiga yang jadi produsen Xpander setelah Indonesia pada 2017 dan Vietnam pada tahun ini.

Produksi Xpander di Malaysia dilakukan di fasilitas perakitan milik rekanan, Hicom Automotive Manufacturers (Malaysia) Sdn. Bhd. Penjualan low MPV pesaing Toyota Avanza ini bakal dimulai pada November.

"Kami sangat senang bisa mengirimkan Xpander buatan Malaysia untuk konsumen dalam negeri," kata Takao Kato, CEO MMC.


Mitsubishi mengumumkan perakitan perdana Xpander di Malaysia pada 28 Oktober 2020.Mitsubishi mengumumkan perakitan perdana Xpander di Malaysia pada 28 Oktober 2020. (Mitsubishi Motors Corporation)

Menurut Kato basis produksi utama Xpander adalah Indonesia yang juga mengekspor komponen Completely Knock Down (CKD) untuk perakitan di Malaysia.

"MMC akan berkontribusi untuk pengembangan ekonomi setiap negara dengan meluaskan produksi dan bisnis ekspor," ucap Kato.

MMC sudah menyatakan pada Juli lalu memposisikan area ASEAN sebagai penggerak pertumbuhan dalam rencana jangka menengah perusahaan yang baru, Small but Beautiful, yang berlangsung sampai 2022.

Berdasarkan laporan media otomotif Malaysia, produksi unit dilakukan untuk model facelift yang sudah meluncur di Indonesia pada Februari. Belum ada tanda-tanda produksi varian jangkung Xpander Cross untuk mengikuti Indonesia.

Mitsubishi Motors Malaysia mengatakan rencana penjualan 500 unit per bulan, namun saat ini daftar minat beli konsumen sudah melebihi 7.400 unit. CEO Mitsubishi Motors Malaysia Tomoyuki Shinnishi mengatakan bakal menyesuaikan kapasitas produksi buat memenuhi seluruh pesanan.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK