Vaksin AstraZeneca-Oxford Klaim 70 Persen Ampuh Lawan Corona

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 15:06 WIB
Perusahaan asal Inggris AstraZeneca dan Universitas Oxford mengklaim vaksin mereka sudah mencapat angka 70 persen ampuh lawan Covid-19. Laboratorium vaksin corona Astrazaneca dan Oxford. (AP/John Cairns)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan obat asal Inggris AstraZeneca dan Universitas Oxford mengklaim vaksin yang mereka kembangkan berhasil mencapai tingkat keampuhan 70 persen melawan virus corona Covid-19.

"Vaksin untuk melawan Covid-19 telah menunjukkan kemanjuran rata-rata 70 persen usai melewati uji coba," kata Kepala Eksekutif AstraZeneca, Pascal Soriot mengutip AFP, Senin (23/11).

Soriot menambahkan kemanjuran dan keamanan vaksin yang efektif melawan Covid-19 akan berdampak langsung pada keadaan darurat kesehatan masyarakat dunia di yang tengah melawan pandemi virus SARS-CoV-2 itu. 


Namun vaksin corona asal Inggris ini masih kalah dari klaim dua perusahaan farmasi raksasa asal Amerika Serikat (AS) yang sudah di atas 90 persen.

Sebelumnya, raksasa biotek Amerika Serikat, Pfizer dan mitra asal Jerman, BioNTech sudah akan meminta persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) terkait vaksin virus corona yang diklaim ampuh 95 persen lawan Covid-19.

Sementara itu, perusahaan asal AS Moderna juga mengklaim sudah berhasil membuat vaksin dengan tingkat efektivitas 94,5 persen.

Atas dua klaim keberhasilan itu, AS berencana untuk memulai program vaksinasi Covid-19 menyeluruh kepada 20 juta warganya akhir tahun ini.

Pejabat Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), Moncef Slaoui mengatakan vaksinasi bisa menjadi titik balik penting dalam pertempuran melawan virus yang telah merenggut lebih dari 255.000 nyawa di AS. 

FDA mengatakan komite vaksin akan bertemu dengan Pfizer pada 10 Desember untuk membahas permintaan otorisasi penggunaan darurat.

(AFP/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK