Tonggak Misterius di Gurun AS Terungkap di Google Earth

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 17:44 WIB
Google Earth ungkap tonggak logam misterius yang diduga adalah monolit di gurun Utah, Amerika Serikat. Ilustrasi monolit logam misterius di Amerika Serikat. (Utah Department of Public Safety via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah tonggak logam misterius yang diduga adalah monolit ditemukan di gurun negara bagian Utah, Amerika Serikat (AS) Rabu (18/11).

Goggle Earth kemudian mengungkapkan temuan Departemen Keselamatan Publik Utah terkait objek setinggi lebih dari 3 meter itu tertanam di tanah tanpa diketahui jelas siapa pihak di balik objek tersebut.

Gambar satelit dari Google Earth mengungkapkan sesuatu di tengah lokasi objek logam itu. Di situ terdapat objek yang sulit dilihat yang melemparkan bayangan tajam, tinggi, dan sempit di tanah. Objek tampaknya relatif baru.


Foto Google Earth dari 2013 dan pertengahan 2015 tidak menunjukkan jejaknya, tetapi terlihat jelas pada Oktober 2016, ketika tanah di sekitarnya juga tampaknya telah dibersihkan dari scrub. Pengembang aplikasi Bruno Philipe memposting gambar Apple Maps, tetapi area monolit diselimuti bayangan.

Melansir The Verge, informasi keberadaan monolit itu pun nampaknya membuat penasaran. Banyak orang yang pada akhirnya mencari letak objek misterous itu di internet. Bahkan, salah satu pengguna Reddit bernama Tim Slane mengunggah lokasi yang diduga menjadi lokasi penemuan objek logam tersebut.

Slane menyebut lokasi objek itu ada di ngarai batu merah kecil dengan celah sempit. Informasi itu sangat cocok dengan foto yang ada di media sosial.

Slane mengaku membandingkan jalur penerbangan helikopter dengan medan batu pasir merah-putih dari video DPS. Dia mengatakan dia dibantu oleh petunjuk seperti ketinggian tebing, pola erosi ngarai (menunjukkan area yang lebih terbuka), dan tanah datar menunjukkan itu tidak sering banjir.

Selain lokasi, surat kabar The Art Newspaper membandingkan monolit itu dengan patung 'papan' seniman minimalis John McCracken, yang meninggal pada tahun 2011.

Bahkan, ahli galeri David Zwirner sangat percaya objek itu adalah karya McCracken. Jika benar, itu artinya monolit itu sudah ditempatkan bertahun-tahun di sana setelah kematian McCracken.

Beberapa pengguna Reddit menduga objek itu buatan seniman kontemporer Petecia Le Fawnhawk. Tapi Le Fawnhawk menyangkal menciptakan monolit itu.

Melansir NDTV, banyak pengguna media internet yang mengaitkan benda tersebut dengan keberadaan alien. Pasalnya, benda tersebut sangat mirip dengan benda dalam film fiksi yang bercerita tentang penemuan monolit alien yang mempengaruhi evolusi manusia, yakni '2001: A Space Odyssey'.

Sedangkan yang lain mengaitkan benda itu sebagai tombol mengulang tahun 2020 di mana pandemi Covid-19 terjadi.

Lokasi penemuan objek misterius itu masih dirahasiakan. AS hanya mengatakan objek itu ada di lokasi terpencil dan berpotensi membuat orang yang mencarinya bisa tersesat.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK