TREN TEKNOLOGI

Cara Kerja Mode Incognito, 'Browsing' Secara Rahasia

CNN Indonesia | Minggu, 29/11/2020 03:58 WIB
Salah satu cara menguragi resiko pencurian data dan bebas browsing dengan rahasia adalah menggunakan mode Incognito di web browser. Ilustrasi mode incognito. (BreakingPic/Pexels)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudah menjadi rahasia umum bahwa privasi sangat sulit di dapatkan ketika kita sudah menggunakan internet dalam kegiatan sehari-hari. Semua riwayat kita sangat mungkin bocor dan dimanfaatkan untuk keuntungan pihak-pihak tertentu. 

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pencurian data riwayat dan bisa bebas menjelajah di dunia maya dengan rahasia dan privasi terjaga di web browser adalah dengan menggunakan fitur mode Incognito.

Fitur ini adalah sebuah fitur yang berada di beberapa web browser modern seperti Chrome, Mozila Firefox, atau Safari yang memungkinkan kita untuk tidak menyimpan informasi yang kita akses di internet seperti cache, cookies, password, dan history.


Tapi bagaimana mode Incognito dapat melakukan hal seperti ini? CNNIndonesia.com mencoba bagaimana cara kerja Incognito Mode yang berjalan di web browser kita dan batasan apa saja yang dimiliki mode Incognito.

Mengutip How Stuff Works, Incognito Mode adalah istilah yang dipakai Google Chrome. Web browser lain umumnya memiliki istilah yang sedikit berbeda namun dengan cara kerja yang hampir sama.

Cara Kerja Incognito Mode

Menggunakan fitur mode Incognito ini membuat menjadi sedikit lebih lama dalam mengakses sebuah website jika di bandingkan saat tidak menggunakannya.

Hal ini terjadi karena mode Incognito tidak akan menyimpan cache,cookies, dan history dari situs yang kita akses.

Mode Incognito akan memulai sesi baru ketika menutup window web browser, berbeda dengan window tanpa mode Incognito yang akan menyimpan informasi di cache yang merupakan memori sementara yang bertujuan untuk menyimpan informasi dari website tersebut.

Incognito Mode tidak bisa menghapus data yang tersimpan di data server yang dimiliki oleh website tersebut dan dari jaringan mana kita mengaksesnya.

Jika kita menggunakan public Wifi, provider yang menyediakan layanan tersebut bisa melihat history kita karena menggunakan akses mereka untuk berselancar ke internet.

Dengan menggunakan mode Incognito kita tidak bisa mencegah Malware yang berada di situs tersebut, alternatif lain jika kita tidak ingin terjangkit Malware adalah dengan menggunakan antivirus oleh perusahaan yang terkenal dengan produk antivirusnya.

Incognito Mode bisa kita gunakan ketika menggunakan komputer publik, atau saat kita menggunakan bukan komputer kita saat mengakses seperti media sosial dan email yang membutuhkan password dan username.

Mode Incognito bisa digunakan juga untuk mengurangi iklan yang dan mengurangi footprint data kita yang merupakan data semua history yang kita cari dan akses di internet agar tidak digunakan untuk kepentingan perusahaan besar, seperti dikutip Computer World.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK