E-Commerce Diingatkan Belanja Offline Bisa Meningkat 2021

CNN Indonesia | Kamis, 07/01/2021 00:00 WIB
Penjual online di e-commerce Indonesia bahwa metode berbelanja offline akan kembali menggeliat di 2021. Ilustrasi e-commerce. (AP Photo/Ross D. Franklin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Founder dan Chief Executive Officer Sirclo, Brian Marshal mengaku optimis dengan pertumbuhan e-commerce dan daya beli online masyarakat Indonesia semakin meningkat di tahun 2021 ini.

Menurut Brian optimisme tersebut berangkat dari data lembaga multilateral Dana Moneter Internasional (IMF) yang memprediksi bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan tumbuh secara menjanjikan hingga 6,1 persen.

Sementara itu, hasil Survei Kegiatan Dana Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia juga menunjukkan perbaikan di seluruh sektor ekonomi sejak Q3 2020. Selain itu, pemerintah Indonesia telah menargetkan pemberian vaksinasi Covid-19 pada 160 juta penduduk (70 persen dari populasi Indonesia) untuk dirampungkan pada tahun 2021.


"Kebiasaan berbelanja online akan terus meningkat selama pandemi, dan sebagian besar akan bertahan seperti itu di 2021," kata Brian lewat keterangan tertulis, Rabu (6/1).

Namun Sirclo juga mengingatkan kepada pelaku penjual online di e-commerce Indonesia bahwa metode berbelanja offline akan kembali menggeliat, karena konsumen merindukan pengalaman fisik sebagai sarana refreshing di luar rumah.

"Ini menjadi momen krusial bagi brand untuk menghadirkan pengalaman omnichannel terbaik bagi konsumen, bukan hanya dengan hadir secara online dan offline, tapi lebih jauh lagi dengan mengintegrasikan aset online dan offline yang dimiliki sehingga konsumen mendapatkan pengalaman yang seamless," ungkap Brian.

Sirclo menekankan pentingnya memperkokoh strategi atau pendekatan omnichannel bagi brand yang hendak menjangkau konsumen dengan cakupan yang lebih luas lagi.

Solusi omnichannel yang ditawarkan oleh Sirclo memungkinkan pelaku bisnis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang seamless bagi konsumen.

Misalnya saja, pelaku bisnis bisa memenuhi pesanan konsumen dengan mengambil stok dari toko fisik terdekat, sehingga memperpendek rantai distribusi. Konsumen juga diperkenalkan dengan konsep 'Belanja online, ambil barang di toko', 'Belanja online, pesanan dikirim dari toko', ataupun 'Pengembalian barang ke toko'.

Konsep-konsep baru ini membuat konsumen lebih nyaman, karena mereka bisa mencari produk dan membandingkan spesifikasi secara online, lalu melihat produk secara langsung di toko fisik terdekat.

Catatkan Transaksi Rp1 Triliun

Perusahaan e-commerce enabler SIRCLO hari ini mengumumkan pencapaian Gross Merchandise Value (GMV) atau transaksi perusahaan yang mencapai lebih dari Rp1 triliun selama tahun 2020.

Hadirnya pandemi telah mengakselerasi pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia, yang diperkirakan mencapai sebesar 91 persen (dari tahun ke tahun) dan mencatat 12 juta pengguna baru.

(dal/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK