Opsi Baru Panggilan Video Google Meet

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 18:34 WIB
Pengguna Google Meet kini memiliki banyak opsi untuk panggilan video saat rapat. Ilustrasi google meet. (dok. Google)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google membuat pembaruan yang memungkinkan pengguna Google Meet memiliki banyak opsi untuk panggilan video. Pembaruan itu hanya dibuat untuk pengguna Workspace, layanan berbayar yang dikenal sebagai G Suite.

Pengguna Workspace sekarang memiliki beberapa opsi untuk bergabung atau memulai rapat menggunakan Google Meet. Sekarang ketika pengguna mengklik tombol 'Rapat baru', mereka akan diberikan opsi untuk membuat rapat untuk nanti, memulai rapat instan, atau menjadwalkan rapat di Google Kalender.

Melansir Tech Radar, saat pengguna memutuskan untuk membuat rapat untuk nanti, mereka juga akan bisa menyimpan informasi itu sehingga mereka bisa dengan cepat memulai rapat dengan pengguna yang sama nanti.


Di sisi lain, rapat instan memberi pengguna cara untuk bergabung ke rapat dengan satu klik tanpa harus pergi ke ruang Meet terlebih dahulu. Setelah berada dalam rapat, mereka akan dapat menambahkan orang lain atau menyalin informasi bergabung untuk dibagikan.

Perlu dicatat bahwa memilih opsi itu akan secara otomatis mengaktifkan kamera dan mikrofon pengguna meskipun keduanya dapat dimatikan satu kali dalam rapat.

Opsi baru Google untuk memulai rapat di Meet tersedia untuk pengguna Google Workspace, pengguna G Suite dan mereka yang memiliki akun Google.

Pelanggan Workspace Essentials tidak akan dapat menjadwalkan rapat menggunakan Google Kalender meskipun mereka dapat membuat rapat instan atau menjadwalkan rapat untuk lain waktu.

Opsi rapat baru ini juga tidak memiliki kontrol admin atau setelan pengguna akhir, dan akan tersedia untuk pengguna tanpa membuat perubahan apa pun pada setelan Google Meet.

Karena konferensi video telah menjadi fitur penting bagi mereka yang bekerja dari rumah, perubahan Google untuk membuat rapat di Meet kemungkinan akan disambut oleh pelanggan yang ingin menghemat waktu.

Melansir 9to5google, penambahan fitur yang paling menonjol adalah 'rapat instan' di mana pengguna tidak perlu menentukan nama rapat. Namun, Google memperingatkan bahwa kamera dan mikrofon akan aktif secara otomatis.

Sementara itu, dua opsi lainnya berguna untuk pertemuan jangka pendek dan pertemuan yang lebih jauh. Bidang untuk memasukkan kode rapat atau nama panggilan yang ada muncul tepat di sebelah tombol.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK