LEGENDA OTOMOTIF

Romansa Honda Win: Tunggangan Si Doel, Pelahap Segala Medan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 17:38 WIB
Honda Win setia dengan Doel -yang diperankan Rano Karno, dalam sinetron 'Si Doel'. Honda Win cocok digunakan di semua jenis kontur jalan meski irit bensin. Honda Win. (Foto: Arsip Zaki/Gardu 32)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penggemar sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' yang tayang sejak medio 1990an pasti tak asing dengan sepeda motor legendaris Honda Win.

Pada sinetron itu Win atau Win 100 digambarkan sebagai tunggangan setia Doel -yang diperankan Rano Karno, dalam prosesnya mendapatkan gelar Insinyur. Win berkelir hitam Doel juga menjadi saksi bisu antara romansanya bersama Sarah (diperankan Cornelia Agatha).

Tapi cerita soal Win tak hanya sekadar menjadi penunjang aktivitas perfilman pada era 1990an.


Win yang sudah bergulir di Indonesia sejak 1984 terkenal sebagai motor tangguh serba bisa dengan kemampuan melahap berbagai kontur jalan di Indonesia. Motor ini juga dikenal akan keiritannya.

Motor ini merupakan produk andalan Federal Motor (sekarang Astra Honda Motor/AHM) di Indonesia untuk menggantikan S90Z dan pendahulunya S90 yang dikenal juga sebagai Honda Astra.

Win dianugerahkan 'mesin tidur' laiknya motor bebek dengan kubikasi 97 cc transmisi empat percepatan manual yang mungkin merupakan warisan dari S90Z serta S90. Pada era itu Win berkompetisi dengan Suzuki A100 secara ukuran mesin dan dimensi. Namun A100 diketahui masih menggunakan mesin 2 tak.

Motor ini juga berbeda dari pendahulunya misalnya CB series, atau S90 yang mengedepankan desain bulat. Win lebih mengadopsi desain kotak pada setiap sisinya seperti pada lampu-lampu, bentuk tangki, hingga joknya.

Produksi Hingga 2005

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK