PT KAI Terapkan Tes Covid-19 GeNose di Stasiun Pasar Senen

CNN Indonesia | Jumat, 05/02/2021 11:21 WIB
Tes Covid-19 menggunakan alat GeNose resmi diterapkan di Stasiun Pasar Senen dan beberapa stasiun lain hari ini. Tes GeNose resmi diterapkan bagi penumpang kereta api hari ini (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) resmi menyediakan layanan tes Covid-19 menggunakan alat GeNose di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (5/2).

Hal ini disampaikan akun resmi PT KAI. Hasil dari pengetesan dengan alat itu akan menjadi salah satu syarat penumpang kereta jarak jauh boleh bepergian dengan kereta api.

"Hari ini, KAI resmi menggunakan GeNose C19 sbg salah satu opsi/pilihan syarat pemeriksaan utk naik KA Jarak Jauh. Pemeriksaan GeNose C19 akan tersedia di 4 Stasiun KA: Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta & Solo Balapan," cuit akun itu, Jumat (5/1).


"Bertahap, layanan ini akan tersedia di stasiun-stasiun lainnya."

Sebelumnya, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon penumpang kereta sebelum melakukan pemeriksaan dengan GeNose.

"Calon penumpang haru dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, serta dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas," kata Joni dalam keterangan resmi (2/2).

Penumpang yang tiba di Stasiun Senen akan diminta mendaftar dan mengantre sebelum menjalani pemeriksaan dengan GeNose. Setiap calon penumpang juga dipungut biasa sebesar Rp20 ribu untuk biaya pengetesan.

Setelah itu, petugas akan memberikan kantung khusus untuk menampung udara yang diembuskan oleh calon penumpang. Embusan napas dilakukan sebanyak tiga kali.

Setelah itu, kantung napas itu akan dipasang ke alat khusus yang berfungsi untuk mengidentifikasi apakah seseorang menderita Covid-19 atau tidak. Hasil pemeriksaan akan keluar dalam waktu tiga menit.

Pemeriksaan GeNose dilakukan hanya satu kali. Jika negatif, calon penumpang dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan. Hasil negatif berlaku selama 3x24 jam.

Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang tidak diperbolehkan naik Kereta Api. Tiket dapat dibatalkan melalui loket khusus dan uang tiket akan dikembalikan penuh," ujar Joni.

Aturan pengetesan Covid-19 sebagai syarat perjalanan kereta api jarak jauh massih berlaku di Pulau Jawa. Aturan itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021.

Namun, penumpang kereta api jarak jauh bisa memilih tiga opsi tes sebelum keberangkatan. Selain GeNose, penumpang boleh melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen.

"Khusus untuk perjalanan dengan menggunakan kereta api di luar kawasan satu aglomerasi, selain menggunakan RT-PCR dan rapid test antigen atau GeNose test," bunyi protokol nomor 3 huruf c angka iv SE Nomor 5 Tahun 2021, dikutip Selasa (26/1).

GeNose adalah alat pendeteksi Covid-19 berbasis embusan napas yang dikembangkan oleh Universitas gadjah Mada. GeNose diklaim sudah melalui tahap uji diagnostik atau uji klinis di sejumlah rumah sakit di Indonesia akhir 2020.

Alat tes ini mendeteksi udara yang dihembuskan pasien ke dalam kantung khusus. Setelah itu, kantung dihubungkan ke GeNose untuk dianalisis oleh Artificial intelligence (AI). Output dari analisis GeNose adalah respon sensor dari senyawa volatile organic compounds (VOC) yang dihasilkan oleh virus yang menginfeksi tubuh manusia.

Berdasarkan pengujian terhadap 615 sampel napas dari 83 pasien positif dan 40 pasien terkonfirmasi negatif Covid-19, GeNose memiliki sensitivitas 92 persen dan spesifisitas 95 persen.

Per unitnya alat atau mesin inti GoNose akan dijual Rp62 juta sudah termasuk TOT, aftersales service, dan PPN.

Sedangkan alat penghubung sekali pakai untuk pengetesan GeNose hanya Rp20 ribu. Alat ini terdiri dari kantong plastik, hepa filter, adaptor pipe, plug, dan selang PU sepanjang 15 meter.

(jps/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK