Viral Gunung Gede Pangrango, Netizen Debat Asli atau Palsu

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 16:06 WIB
Netizen ribut soal foto Gunung Gede Pangrango yang disebut terlihat dari Jakarta Pusat. Ilustrasi Gunung Gede Pangrango. (Flickr/Lip Kee)
Jakarta, CNN Indonesia --

Akun @wibisono.ari di Instagram mengunggah penampakan foto Gunung Gede Pangrango terlihat dari Jakarta. Dalam keterangan fotonya, ia menyebut Gunung Gede Pangrango terlihat dari Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Foto yang diunggah pada Rabu (17/2) pagi itu kini sudah disukai lebih dari 15 ribu orang. Namun foto itu kini menjadi perdebatan netizen di media sosial, salah satunya Twitter. Beberapa warganet ada yang menyebut hasil foto itu editan, namun ada juga yang percaya.

Akun Andi Khomeini menegaskan bahwa ia percaya foto Gunung Gede Pangrango yang kini heboh itu benar.


"Heboh foto Gunung Sahari dan Gunung Gede Pangrango. Itu mah rute harian. Beneran koq gunungnya bisa seterlihat itu. Asal cuaca bagus," cuit @dr_koko28.

Foto Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari Jakarta itu disebarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Menurut Pemprov DKI, pemandangan Gunung Gede Pangrango terlihat dari Kemayoran Jakarta Pusat menandakan kualitas udara ibu kota yang sedang bersih.

"Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran Jakarta Pusat Pagi ini, menandakan Kualitas udara sedang bersih," cuit @dinaslhdki.

Namun, cuitan dinas lingkungan hidup DKI itu dikritik oleh beberapa warganet. Menurut akun Cherry, gunung yang terlihat dari Jakarta hanyalah Gunung Sahari. Ia meminta agar kebohongan itu dihentikan.

"dude the only gunung u can see from jakarta pusat is gunung sahari. stop this bullshit," kicau @howtodresvvell.

Sementara itu, fotografer Arbain Rambey juga ikut mengomentari foto Gunung Gede Pangrango tersebut. Ia membandingkan beberapa foto yang diambil dari lokasi yang sama. Ia curiga itu foto tempelan.

"Ini foto tempelan. Untuk dapat Pangrango segede gitu, butuh tele panjang lalu motret dari jauh. Melihat perbandingan mobil depan dan belakangnya, jelas tak memakai tele panjang," kicau @arbainrambey.

Sementara itu, akun bernama Marco meminta untuk menghentikan bully fotografer Gunung Gede Pangrango yang terlihat dari Jakarta itu.

"Gunung Gede Pangrango kelihatan bukannya bersyukur, malah membuli fotografernya...demikianlah akibat kehilangan hubungan dengan alam...sedikit kembali ke perspektif ontologis mungkin berguna, drpd perspektif ahli foto," kicau @mkusumawijaya.

Sebelumnya, pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi virus corona (Covid-19) berdampak positif pada kualitas udara Ibu Kota.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Syaripudin mengatakan dalam beberapa hari terakhir pandangan langit Jakarta tak lagi berkabut karena polisi. Bahkan, Gunung Gede Pangrango bisa terlihat dari Jakarta.

"Pandemi telah menunjukkan kepada kita bahwa masih ada harapan untuk lingkungan hidup yang lebih baik," kata Syaripudin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/2).

(dal/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK