Google Meet Gratis Selama 24 Jam Diperpanjang

CNN Indonesia | Kamis, 01/04/2021 15:35 WIB
Google menunda pemberlakuan pembatasan waktu panggilan pengguna Google Meet gratis menjadi 60 menit mulai akhir Maret 2021. Ilustrasi Google Meet. (dok. Google)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google menunda pemberlakuan pembatasan waktu panggilan pengguna Google Meet gratis menjadi 60 menit mulai akhir Maret 2021. Google memperpanjang waktu panggilan tidak terbatas bagi pengguna Meet gratis hingga 30 Juni 2021.

Dengan kebijakan itu, siapa pun yang menggunakan layanan Meet versi gratis akan dapat menyelenggarakan panggilan dengan durasi hingga 24 jam.

Melansir The Verge, ini adalah kedua kalinya Google menunda pengenalan batas panggilan sejak membuka layanan untuk pengguna gratis pada April 2020.


Batas waktu 60 menit awalnya akan berlaku pada akhir September 2020, tetapi batas waktu itu kemudian diundur ke bulan Maret 2021 ketika banyak orang masih terjebak pandemi Covid-19.

Google belum secara eksplisit mengatakan mengapa mereka memperpanjang tenggat waktu itu, tetapi pembatasan pandemi yang terus berlanjut di seluruh dunia mungkin ada hubungannya dengan kebijakan tersebut.

Melansir 9to5google, Google melakukan iterasi dengan cepat di Meet mengingat permintaan untuk konferensi video meningkat sejak dimulainya pandemi Covid-19. Google bahkan membuat Meet menjadi gratis untuk akun Gmail pribadi.

Google baru mulai berniat menghentikan layanan 'tanpa batas' bagi pengguna Meet gratis beberapa bulan kemudian. Namun, rencana itu tidak kunjung terealisasi.

Dengan perpanjangan ini, seharusnya tidak ada gangguan pada cara konsumen melakukan video call dengan produk Google. Jangka waktu perpanjangan terakhir ditujukan untuk musim liburan, dan yang terbaru membawa pengguna ke musim panas.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK