Studi: Kecil Risiko Tertular Covid-19 dari Permukaan Benda

can, CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 08:26 WIB
Studi terbaru menyebut sangat kecil risiko bahkan nyaris tak ada kemungkinan tertular Covid-19 dari permukaan benda. Ilustrasi. Studi terbaru menyebut sangat kecil risiko bahkan nyaris tak ada kemungkinan tertular Covid-19 dari permukaan benda. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah penelitian di Sekolah Kedokteran Rutgers New Jersey, Amerika Serikat menunjukan bahwa permukaan benda yang terkontaminasi virus corona SARS-CoV-2 relatif kecil menularkan Covid-19.

Meski peneliti memang menemukan bukti virus corona ada di berbagai permukaan benda, namun kontaminasi ini tidak berbahaya.

"RNA virus itu sama dengan mayat virus," katanya. "Itu tidak menular."


Studi dan investigasi wabah semuanya menunjukkan sebagian besar penularan yang terjadi lewat udara sebagai akibat dari orang yang terinfeksi mengeluarkan butiran cairan yang sangat halus yang disebut aerosol ketika batuk, berbicara atau bersin.

Sebelumnya, pada akhir Maret 2020 sebuah penelitian laboratorium menunjukkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 dapat bertahan pada plastik dan baja tahan karat selama berhari-hari.

Laporan tersebut memicu banyak pemberitaan dan banyak mengungkap cara mendekontaminasi segala sesuatu mulai dari gagang pintu hingga bahan makanan untuk memutus penyebaran virus Corona.

Hal tersebut nampaknya mengkonfirmasi pedoman yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Februari 2020 bahwa virus yang menyebabkan COVID-19 dapat menyebar melalui permukaan yang terkontaminasi, yang dikenal sebagai fomites.


WHO merekomendasikan agar semua orang untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan, terutama yang sering disentuh. Fomites merupakan objek tempat virus dapat menetap baik melalui pernapasan atau dengan tetesan. Virus selanjutnya dapat menyebarkan infeksi saat benda disentuh oleh orang lain.

Namun seorang ahli mikrobiologi di Sekolah Kedokteran Rutgers New Jersey, Goldman memutuskan untuk untuk melihat lebih dekat bukti di fomites.

Hasil penelitian menunjukkan, kecil kemungkinan penularan Covid-19 terjadi lewat kontaminasi permukaan benda. Sebab, bukti yang mendukung kalau virus corona dapat berpindah dari satu orang ke orang lain melalui permukaan yang terkontaminasi nyaris tak ada.

Setelah penelitian ini, Goldman langsung percaya diri untuk tak perlu berlebihan menghadapi Covid-19 hingga harus menggunakan sarung tangan.

Mengapa Ada Kekhawatiran Covid-19 Menular Lewat Permukaan Benda?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK