Desember, Miliarder Jepang 'Terbang' ke Stasiun Luar Angkasa

tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/05/2021 20:24 WIB
Pengusaha dan miliarder Jepang Yusaku Maezawa dan asistennya akan menjadi turis berikutnya yang melakukan perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Ilustrasi bumi (iStockphoto/robertsrob)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengusaha dan miliarder Jepang Yusaku Maezawa dan asistennya Yozo Hirano akan menjadi turis berikutnya yang melakukan perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), kata badan antariksa Rusia Roscosmos, Kamis.

Maezawa dan Hirano akan melakukan perjalanan dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-20 Rusia yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada 8 Desember 2021 dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Maezawa, 45, yang mendapatkan keuntungan dari bisnis retail online, juga berencana untuk berpartisipasi dalam misi keliling bulan tahun 2023 dengan pesawat luar angkasa SpaceX dari Starship, saingan Roscosmos dari miliarder AS Elon Musk.


Dikutip dari AFP, Maezawa dan Hirano, yang akan mendokumentasikan misi tersebut, akan memulai pelatihan pra-penerbangan pada bulan Juni di Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin di Star City, sebuah kota tertutup di luar Moskow. Mereka juga menyebut bahwa penerbangan akan berlangsung selama 12 hari dan kru akan dipimpin oleh Kosmonot Alexander Misurkin.

"Saya sangat penasaran 'seperti apa kehidupan di luar angkasa?' Jadi, saya berencana untuk mencari tahu sendiri dan berbagi dengan dunia melalui saluran YouTube saya, " kata Maezawa, seperti dikutip Roscosmos.

Ini akan menjadi pertama kalinya dua dari tiga tempat di roket luar angkasa Soyuz ditempati oleh wisatawan. Terakhir kali Roscosmos membawa turis ke ISS adalah pada 2009, dengan penerbangan Guy Laliberte dari Kanada, salah satu pendiri Cirque du Soleil.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK