Cara Pakai Spotify Greenroom

eks, CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 10:45 WIB
Cara pakai akun Spotify Greenroom yang baru diluncurkan dengan fitur mirip Clubhouse. Spotify Greenroom (dok. Spotify)
Jakarta, CNN Indonesia --

Spotify membuat aplikasi baru yang disebut Spotify Greenroom yang membuat pengguna bisa membuat percakapan langsung dalam bentuk audio serupa Clubhouse.

Tak cuma membuat percakapan langsung, pengguna juga memiliki pilihan untuk mengubah percakapan itu menjadi sebuah podcast. Podcast adalah percakapan atau acara dalam format audio yang bisa diakses lewat koneksi internet.

Selain itu, Spotify juga mengumumkan program pendanaan untuk para pembuat konten mereka yang disebut Creator Fund. Dengan demikian, pembuat konten bisa mendapatkan bayaran dari para penggemar mereka.


"Hari ini, kami membuat Spotify Greenroom tersedia untuk pertama kalinya dalam bentuk barunya, tersedia di iOS dan Android di lebih dari 135 pasar di seluruh dunia," tulis Spotify di laman situs

Greenroom sendiri dibuat selelah Spotify mengakuisisi perusahaan aplikasi audio yang spesifik membahas olahraga, Locker Room. Akuisisi ini dilakukan untuk mempercepat langkah Spotify masuk ke pasar live audio. Sehingga, kode yang dikembangkan Spotify untuk Greenroom masih berbasis kode yang dikembangkan Locker.

Menurut Spotify, para pengguna yang sudah menggunakan Locker akan merasakan perubahan tampilan dan nama baru menjadi Greenroom mulai Kamis (17/6).

Cara pakai Spotify Greenroom:

  1. Bagi pengguna Locker Room, mereka tetap bisa menggunakan akun lama. Namun, aplikasi yang biasa mereka gunakan akan berubah tampilan jadi Spotify yang didominasi hitam dan hijau dan font khas Spotify.
  2. Sementara untuk pengguna Spotify dan mereka yang tak memakai Spotify, harus menginstal dulu aplikasi Spotify Greenroom.
  3. Pengguna lantas memiliki pilihan untuk login di Greenroom menggunakan akun Spotify mereka atau dengan email.
  4. Setelah login, pengguna diminta untuk memilih sejumlah ketertarikan untuk membantu Greenroom memoderasi Room yang akan ditampilkan untuk pengguna.
  5. Setelah bergabung, pengguna bisa mengikuti grup tertentu, mencari room dan hal yang akan dibahas, bergabung dengan room tertentu dan membuat room sendiri.

Tawaran fitur yang ada di Greenroom dilaporkan tak jauh beda dari yang ditawarkan Clubhouse, Twitter Spaces, dan Facebook Live Audio Rooms, seperti dilaporkan TechCrunch.

Namun, beberapa perbedaan aplikasi ini dari berbagai aplikasi audio lain. Pertama, pembuat room (host) bisa mematikan dan menyalakan fitur chat teks kapanpun. Host juga bisa meminta file audio ketika sesi live audio berakhir. Mereka lantas bisa mengedit file audio itu dan menjadikannya podcast.

Satu catatan lain, sesi audio akan direkam sendiri oleh Spotify. Perusahaan itu menyebut hal ini dilakukan untuk moderasi konten. Sehingga, jika ada laporan dari pengguna, Spotify bisa melihat ulang konten itu untuk menentikan tindakan yang harus diambil.

Pasalnya, masalah moderasi cukup menjadi perhatian di Clubhouse lantaran beberapa room membahas hal seperti rasisme dan kekerasan.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK