Pakar Minta Jokowi Tak Pakai Whatsapp Hindari Spyware Pegasus

CNN Indonesia | Minggu, 25/07/2021 05:30 WIB
Pakar meminta agar Presidem Joko Widodo (Jokowi )dan para pejabat negara tidak menggunakan Whatsapp untuk menghindari spyware Pegasus. Pakar meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat negara tidak menggunakan Whatsapp untuk menghindari spyware Pegasus. (istockphoto/ gilaxia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pakar meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pejabat tinggi negara lainnya untuk tak menggunakan aplikasi pesan singkat, Whatsapp guna menghindari spyware Pegasus.

Apalagi, berdasarkan laporan Amnesty Internasional, ada sejumlah Presiden, Perdana Menteri dan Raja yang menjadi target dari malware buatan NSO, perusahaan asal Israel. Salah satunya adalah Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Oleh karena itu, pakar keamanan siber dari Lembaga Riset Siber CISSReC Pratama Persadha menyarankan agar pejabat negara tak menggunakan Whatsapp. Sebab, ancaman serupa juga bisa terjadi ke presiden maupun para pejabat di tanah air.


"Presiden (Jokowi) dan para pejabat penting negara harus waspada, disarankan tidak lagi memakai Whatsapp karena menjadi pintu masuk Pegasus," tutur Pratama dalam keterangannya, Sabtu (24/7).

Pasalnya, Pegasus bisa melakukan segala hal di smartphone pengguna dengan mengendalikannya dari dashboard. Bahkan bisa melakukan pengiriman pesan, panggilan dan perekamanan yang tidak kita lakukan.

Selain itu, Pratama menyebut kasus Pegasus lain yang paling ramai adalah peretasan ponsel iPhone milik Jeff Bezos. Ponselnya diretas sesaat setelah komunikasi dengan Pangeran Saudi Muhammad bin Salmanl,"

Peretasan itu berakhir dengan terkuaknya foto-foto dan chat pribadi dengan selingkuhannya ke publik, seorang pembawa berita nasional di AS, dan Bezos bercerai dari istrinya. Dari tim forensik yang memeriksa ponsel Bezos ditemukan bukti yang mengarah pada ponsel telah diretas oleh Pegasus.

Hal ini bisa terjadi lantaran Pegasus bisa memata-matai semua aplikasi yang ada di dalam ponsel, tidak hanya aplikasi Whatsapp saja.

Lebih jauh, Pegasus dapat mengumpulkan semua data ponsel jika malware berhasil ditanamkan, maka data dari ponsel bisa disedot dan dikirim ke server pengirim malware. Bahkan yang lebih mengerikan, Pegasus bisa menyalakan kamera atau mikrofon pada ponsel untuk membuat rekaman secara rahasia.

Solusi hingga Pembelaan Whatsapp atas Spyware Pegasus

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK