5 Aplikasi Tracing Covid-19 di Negara Lain

CNN Indonesia
Sabtu, 18 Sep 2021 05:40 WIB
Sejumlah negara juga mempunyai aplikasi untuk tracing Covid-19 seperti PeduliLindungi. Aplikasi PeduliLindungi. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah negara juga mempunyai aplikasi untuk tracing Covid-19 seperti PeduliLindungi.

Beberapa waktu lalu publik diramaikan oleh isu PeduliLindungi buatan Singapura. Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan tegas membantah isu tersebut.

Kemenkominfo menyatakan PeduliLindungi murni buatan dalam negeri dan terinspirasi dari TraceTogether buatan Singapura.


Selain TraceTogether dan PeduliLindungi, beberapa negara juga memiliki aplikasi sebagai upaya untuk meredam penyebaran Covid-19, berikut lima aplikasi Tracing Covid-19 di negara lain yang dirangkum oleh CNNIndonesia.com:

1. TraceTogether

Aplikasi TraceTogether dikembangkan oleh Singapura untuk mengidentifikasi orang-orang yang mungkin terpapar Covid-19. TraceTogether menggunakan sinyal bluetooth antar pengguna untuk melakukan pelacakan.

Ketika pengguna mendaftar pada aplikasi TraceTogether, pengguna akan mendapatkan identitas pengguna acak. Ketika pengguna berdekatan dengan pengguna lain, sistem pada aplikasi akan menyimpan informasi pengguna hingga 25 hari.

Dilansir dari The Strait Times, data interaksi pengguna akan tersimpan pada ponsel, dan akan diunggah ke peladen (server) saat pengguna teridentifikasi Covid-19.

Penggunaan identitas pengguna acak membuat TraceTogether tidak mengambil sedikitpun data pribadi termasuk nama.

2. Aarogya Setu

Aarogya Setu yang dalam bahasa Indonesia bermakna 'jembatan menuju kesehatan' adalah aplikasi pelacakan Covid-19 milik India. Aplikasi ini diluncurkan pada awal April 2020 dan diunduh lebih dari lima juta orang hanya dalam waktu tiga hari.

Aplikasi Aarogya Setu bekerja dengan menggunakan sinyal bluetooth dan data lokasi (GPS), Aarogya Setu memberi informasi pada pengguna saat ia memiliki kemungkinan kontak dengan pengidap Covid-19 melalui pemindaian database dari kasus Covid-19 yang diketahui.

Aplikasi ini menyimpan nama, nomor ponsel, jenis kelamin, riwayat perjalanan, dan apakah Anda perokok atau bukan. Dan semua data tersebut juga dapat diakses oleh pemerintah.

5 Aplikasi Tracing Covid-19 di Negara Lain

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER