BRIN Bicara Sosok Megawati dan Dukungan Politik

can, CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 15:22 WIB
Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, mengatakan lembaga yang dia pimpin butuh dukungan politik dalam koordinasi lintas kementerian. Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko, mengatakan lembaga yang dia pimpin membutuhkan dukungan politik dalam koordinasi lintas kementerian.

Laksana juga tidak memungkiri calon kuat dewan pengawas di lembaga itu adalah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Sukarnoputri, yang juga menjabat jadi dewan pengarah di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Iya bisa jadi [calon kuat dewan pengarah Megawati], ya enggak apa-apa juga, bagus juga kan kita kan butuh dukungan politik ya. Karena ini kan lintas kementerian, ya sama lah kaya BPIP, BPIP kan juga ada dewan pengawas ya," ujar Laksana kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, Kamis (23/9) di Jakarta.


Menurut Laksana di seluruh lembaga-lembaga memang seharusnya memiliki dewan. Menurut dia posisi itu diperlukan buat mempermudah koordinasi antarlembaga negara dan kementerian, sehingga butuh adanya dukungan politik.

"Lembaga-lembaga yang begitu emang ya standarnya begitu. Supaya ada koordinasi untuk mempermudah koordinasi karena enggak mudah melakukan koordinasi. [Butuh sokongan politik] karena di mana-mana juga begitu," pungkasnya.

Meski demikian Laksana enggan mengungkap kapan Megawati dilantik jadi dewan pengawas di BRIN. Ia mengatakan pelantikan itu menunggu hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut ia mengatakan saat ini tinggal menunggu Joko Widodo mengeluarkan peraturan presiden (Perpres), lalu melantik calon dewan pengawas.

"Ya belum tau kita tunggu aja. Kan nanti presiden yang mengeluarkan Perpres ya. Kan itu harus dilantik juga kan," ujar Laksana.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

BRIN Akui Butuh Dukungan Politik dan Sosok Megawati

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK