Cara Cepat Membuat Tabel di Microsoft Word

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 11:52 WIB
Cara membuat tabel di Microsoft Word dan mengeditnya sesuai desain yang diinginkan tidaklah rumit. Berikut caranya. Cara membuat tabel di Microsoft Word dan mengeditnya sesuai desain yang diinginkan tidaklah rumit. Berikut caranya. (Ilustrasi Foto: Roman Drits/Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft Word atau MS Word merupakan wadah digital pengganti mesin tik. Layanan pengolah kata ini dilengkapi bermacam fitur, salah satunya Table.

Cara membuat tabel di Microsoft Word sangatlah mudah. Penggunaannya tidak serumit yang Anda bayangkan.

Fitur tabel di Microsoft Word menyerupai peran tabel yang ada di Excel. Dengan bantuan fungsi tabel kebutuhan Anda akan dimudahkan khususnya dalam merangkum data sehingga data yang disajikan jelas dan rapi.


1. Cara Membuat Tabel Microsoft Word dengan Fitur Insert

microsoft wordCara membuat tabel di Microsoft Word dengan cepat adalah melalui menu tab Insert (Foto: Tangkapan layar aplikasi microsoft word)
  • Buka MS Word
  • Klik menu tab Insert
  • Lalu pilih Table
  • Akan ada beberapa pilihan mulai dari Insert Table, Draw Table, Convert Text to Table, Excel Spreadsheet, dan Quick Table.
  • Pilih opsi Insert Table dan masukkan jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan. Atau dapat menggerakkan kursor dan menyorot jumlah kolom dan baris pada menu Table Size

Lebih lanjut, jika Anda memiliki pesan teks yang akan dibuat tabel, Anda dapat dengan cepat mengonversinya menjadi tabel. Caranya pilih Insert lalu pilih Tabel kemudian pilih Konversi Teks ke Tabel.

Dalam cara membuat tabel di MS Word, Anda juga perlu mengetahui cara memosisikan tabel dalam halaman agar lembar kerja terlihat lebih rapi.


2. Cara Merapikan Tabel di Microsoft Word

Saat membuat tabel di Word, kadang kala hasilnya tidak dapat langsung rapi dan teratur. Anda perlu mengaturnya agar tabel dan isinya tidak berantakan. Berikut cara mengatur tabel di Word yang berantakan.

  • Klik kanan pada mouse di tabel yang sudah Anda buat
  • Pada bagian Context Menu, pilih opsi Table Properties
  • Kemudian untuk merapikan isi tabel Anda bisa memilih tata letak Left, Center, atau Right. Sesuaikan posisi agar tampilan terlihat rapi dan estetis

Untuk memindahkan tabel dari satu kesatuan dengan teks pada lembar kerja dalam Table Properties, Anda bisa memilih Move with Text dan Allow Overlap yang berada di bagian bawah. Matikan centang pada kotak agar Anda bisa dengan leluasa memindahkan tabel.


3. Menambah atau Menghapus Tabel di MS Word

Saat memasukkan data di tabel, sering kali jumlah kolom dan baris kurang atau lebih. Microsoft secara default memungkinkan Anda untuk bisa menambah atau menghapus tabel. Berikut caranya:

  • Pada bagian tabel klik kanan
  • Lalu pilih opsi Delete untuk menghapus kolom dan baris atau Insert untuk menambah kolom dan baris tabel.


4. Memberi Desain pada Tabel MS Word

Anda bisa juga mengubah desain tabel di Microsoft Word agar tidak kaku dan monoton. Dalam ribbon 'Design', disediakan berbagai opsi untuk mengatur gaya tabel sesuai yang diinginkan.

Mulai dari fitur border atau garis pembatas untuk mengubah gaya garis pembatas pada tabel yang dibuat. Kemudian fitur menebalkan border untuk mempertegas garis tabel.

Untuk mengaturnya, blok kotak pada tabel ingin diedit. Kemudian atur dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah cara membuat tabel di Microsoft Word yang bisa Anda coba. Semoga membantu.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER