9 Eksperimen Paling Aneh Selama 2021, Satu Nyawa Nyaris Melayang

CNN Indonesia
Sabtu, 01 Jan 2022 01:23 WIB
Ilmuwan bereksperimen untuk mencari kebenaran untuk kehidupan manusia di masa yang akan datang. Ilustrasi ilmuwan bereksperimen. (Foto: REUTERS/STAFF)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para ilmuwan kerap melakukan berbagai eksperimen yang berisiko, dan terkadang gagal. Eksperimen itu mereka lakukan untuk mencari kebenaran untuk kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Tak jarang para ilmuwan melakukan eksperimen aneh, seperti penelitian sepanjang 2021 dikutip dari Live Science.

Sepasang mata pada otak manusia

Pada Agustus, sekelompok ilmuwan mengklaim telah berhasil mengembangkan otak manusia kecil dengan sepasang mata.


Mereka membuat otak mini mirip Cronenberg, yang disebut organoid dengan mengubah sel punca menjadi jaringan saraf. Kemudian merangsang sel dengan sinyal kimia untuk membentuk "cangkir optik" kecil yang diisi dengan sel peka cahaya.

Meski aneh, namun, mereka adalah konstruksi yang sangat berguna untuk mempelajari perkembangan otak dan berpotensi menciptakan obat untuk retina.

Memahami burung gagak

Para ilmuwan bereksperimen untuk membuktikan burung gagak cukup pintar untuk memahami angka.

Konsep nol, seolah-olah dikembangkan oleh masyarakat manusia di suatu tempat di abad kelima, ini membutuhkan pemikiran abstrak.

Jadi cukup mengejutkan ketika sebuah makalah bulan Juni di The Journal of Neuroscience mengungkapkan gagak tidak hanya memilih nol sebagai pembeda dari angka lain, tetapi juga lebih mudah mengaitkannya dengan angka satu daripada angka lebih tinggi.

Pemindaian aktivitas otak burung selama percobaan menunjukkan bahwa gagak memiliki neuron untuk memahami angka nol.

Para ilmuwan juga kagum bahwa otak manusia dan gagak dapat mengenal angka nol.

Mencari tahu kacang Brazil naik ke permukaan

Pada April para peneliti akhirnya menemukan jawaban untuk salah satu pertanyaan paling mendesak umat manusia, yaitu saat kacang Brazil selalu naik ke atas kantung jika dicampur dengan kacang lain.

Misteri kacang ini dipecahkan dengan mengocok campuran kacang tanah dan kacang Brazil. Saat itu kacang Brazil ditempatkan di bagian bawah, dan mengambil scan 3D X-ray dari kantung setelah setiap kocokan.

Ternyata getaran berturut-turut ini memindahkan yang lebih besar ke orientasi vertikal, setelah itu setiap guncangan mendorongnya ke atas.

Membuat mutan laba-laba kaki pendek

Laba-laba ayah (Phalangium opilio) memiliki kaki yang panjang dan fleksibel. Para ilmuwan menciptakan versi 'kaki pendek ayah' yang kerdil menggunakan gen tertentu. Dengan memperpendek kakinya, para peneliti berharap untuk mengungkap rahasia di balik bentuk tubuhnya.

Penelitian ini juga disebut memberi para ilmuwan gambaran sekilas tentang jenis makhluk yang bisa berevolusi dari 400 juta tahun lalu itu, bagaimana mereka bertahan hidup dan mencari mangsa.

Selain memperpendek kakinya, ilmuwan juga mencoba mengubah taring laba-laba untuk mengetahui cara mereka berevolusi mengutip newsconcerns.

9 Eksperimen Paling Aneh Selama 2021 baca di halaman selanjutnya --->>>

Ubah Air Jadi Emas hingga Hidupkan Zombie

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER