Pakar Bicara Risiko Gas Elpiji Meledak Hingga Hancurkan Rumah

CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 13:20 WIB
Menurut peneliti BRIN, ada banyak faktor yang memengaruhi ledakan tabung gas elpiji hingga bisa menghancurkan rumah. Ilustrasi ledakan. (Istockphoto/Inhauscreative)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peneliti Pusat Penelitian Metalurgi dan Material (PP2M) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yudi Nugraha Thaha menjelaskan tentang risiko tabung gas meledak yang dapat menghancurkan rumah.

Sebelumnya telah terjadi ledakan dahsyat di rumah warga di kawasan Pandeglang, Banten yang diduga akibat gas elpiji. Pada kejadian tersebut rumah korban dilaporkan luluh lantak dan satu orang dilaporkan meninggal dunia.

Yudi mengatakan bahwa dalam kejadian ledakan tersebut harus dipastikan terlebih dulu apakah penyebabnya kegagalan material atau faktor human error. Jika penyebabnya kegagalan material maka harus dilakukan analisis secara detail.


"Harus dilakukan analisa secara detail, apakah ini akibat gas yang bocor dari tabung ataukah dari tabung yang rusak, harus dilihat fisiknya," kata Yudi kepada CNNindonesia.com, Senin (10/1).

Menurut Yudi ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab ledakan gas mulai dari kebocoran gas pada regulator hingga kerusakan pada tabung.

Maka dari itu harus dilakukan analisis kegagalan material untuk mengetahui secara detail penyebab ledakan tersebut.

Meski ada potensi ledakan karena kerusakan tabung, Yudi menyebut bahwa kemasan tabung gas yang digunakan sekarang masih sangat aman.

Namun masyarakat perlu tetap berhati-hati saat menggunakan tabung gas untuk memasak. Yudi mengimbau masyarakat melakukan sejumlah langkah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan akibat kebocoran gas.

"Untuk kasus kebocoran gas, ada baiknya sebelum memasak selalu memastikan apakah ada kebocoran atau tidak dari bau gas, memastikan regulatornya ok, melakukan pembersihan gas dan saluran ke kompornya baik, penyimpanannya betul seperti tidak ada air tergenang di bawah tabung gas karena dapat menyebabkan korosi dan lain-lain," jelas Yudi.

"Maksudnya melakukan pembersihan selang gas secara rutin, terutama bagian konektor selang gas ke kompor," imbuhnya.

Intensitas ledakan

Selain itu Yudi juga menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang dapat menentukan intensitas ledakan akibat kegagalan material, yang dalam hal ini adalah kebocoran gas.

Intensitas ledakan sangat bergantung pada ukuran tabung, volume gas yang ada dalam tabung, dan temperatur pada saat kejadian.

Kemudian tekanan kompresi dari tabung juga menjadi faktor yang cukup menentukan pada intensitas ledakan yang mungkin terjadi.

"Sebenarnya yang paling menentukan ada di tekanan kompresinya. Dengan posisi lokasi gagal materialnya dimana," ujar Yudi.

"Kalo di bawah tabungnya akan loncat ke atas, kalo di samping atau di badan tabung meledaknya akan kemana mana, kalo bocornya rambut atau micro crack pola ledakannya akan beda," tambahnya.

(lom/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER