5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi

CNN Indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022 16:57 WIB
Peranan dari air conditioner (AC) pada kendaraan cukup vital. Berikut 5 penyebab AC mobil tidak dingin lagi. Ilustrasi. Penyebab AC mobil tidak dingin lagi (MikeBird/Pixabay)
, CNN Indonesia --

Hampir semua kendaraan roda empat atau lebih kini sudah menyediakan fitur air conditioner (AC) sebagai fitur standar. Peranan AC mobil di negara beriklim tropis seperti Indonesia ini sangatlah penting.

Sama seperti komponen lainnya, AC memiliki umur pakai. Meski termasuk ke dalam salah satu komponen slow moving parts, namun AC bisa saja kehilangan fungsinya, semisal berkurang dingin dan hanya keluar angin. Berikut penyebab AC mobil tidak dingin lagi.


Sejatinya jika dilakukan perawatan secara teratur, usia pakai dari AC ini bisa lebih panjang lagi. Perawatan ini juga meminimalisasi matinya atau tidak berfungsinya AC secara mendadak, yang tentunya tidak Anda inginkan sama sekali.

Dilansir dari Auto2000, berikut 5 penyebab AC mobil tidak dingin lagi.

1. Freon habis

Peserta pelatihan teknisi Air Conditioner (AC) mengecek tekanan freon, di kampus ITS, Surabaya, Kamis (26/3). Seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap penggunaan Musicool, PT. Pertamina melaksanakan training untuk puluhan teknisi Air Conditioner (AC) dari bengkel di Surabaya dan sekitarnya. ANTARA FOTO/Saiful Bahri/Rei/mes/15.Ilustrasi. Penyebab AC mobil tidak dingin lagi bisa lantaran freon habis atau mengalami kebocoran (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Freon memegang peranan penting pada fungsi AC yang terdapat di kendaraan. Freon inilah yang bertugas membuat udara di dalam kabin kendaraan Anda bisa menjadi dingin. Sejatinya jika tak ada kebocoran, maka freon ini tidak akan habis.

Jika freon pada kendaraan habis sebelum waktunya, bisa dipastikan ada kebocoran pada salah satu komponen AC. Sebaiknya Anda menemukan sumber dari kebocoran freon ini sebelum memutuskan untuk mengisinya kembali.

2. Kondensor kotor atau bocor

Kondensor ini memiliki fungsi yang tak kalah penting. Kondensor inilah yang bertugas untuk mendinginkan suhu dan mengubah freon yang semula berbentuk gas diubah menjadi cair.

Kondensor yang kotor atau bahkan bocor bisa dipastikan akan membuat kinerja AC pada kendaraan Anda menjadi tidak maksimal.

Membersihkan kondensor atau menggantinya dengan yang baru jika rusak harus Anda lakukan jika ingin menikmati AC yang dingin.

Penyebab AC mobil tidak dingin lagi, lanjut halaman dua...

Catat, Ini 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER