Bahaya Intai Pengguna iPhone yang Tak Pakai iOS 16

ttf | CNN Indonesia
Kamis, 09 Jun 2022 20:38 WIB
iOS 16 tidak akan tersedia bagi iPhone 8 ke bawah. Bahaya pun mengintai mereka yang tidak mendapatkan iOS 16. Apple telah memperkenalkan iOS 16 Senin (6/6). Namun sejumlah iPhone di bawah versi ke-8 tidak akan mendapatkannyaFoto: Tangkapan Layar web apple.com
Jakarta, CNN Indonesia --

Apple telah resmi memperkenalkan iOS 16 pada pembukaan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022, Senin (6/6). Terdapat beberapa pembaruan yang ada dalam sistem operasi keluaran terbaru itu. 

Sayangnya, iOS 16 hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki iPhone 8 ke atas. Di bawah seri itu, pemilik iPhone hanya bisa mengelus dada lantaran tak mendapat jatah update.

Praktisi Keamanan Informasi dan Privasi dari Perusahaan Konsultan Global, Eryk Budi Pratama menyebut ada bahaya mengancam pengguna iPhone yang tidak bisa di upgrade ke iOS 16.

Menurut situs web Apple, iOS 16 hanya bisa digunakan di iPhone 8 atau di atasnya. Itu juga berarti menghentikan produksi untuk iPhone SE generasi pertama, iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus karena tidak bisa mendukung pembaruan iOS yang berhenti di iOS 15.

Meski begitu, iPhone yang tak bisa menerima pembaruan iOS 16 masih tetap bisa dipakai. Hanya saja, rentan dengan peretasan.

"Tergantung. Kalau ada kerentanan yang ternyata ditemukan di versi iOS lama, sedangkan iOS iphone-nya tidak bisa di-upgrade, berarti jadi rentan retas. Jadi kerentanan bisa dari iOS dan aplikasi yang berjalan di atasnya," kata Eryk kepada CNNIndonesia.com, Kamis (9/6).

Meskipun demikian, Eryk tidak lantas menyarankan agar iPhone yang tidak bisa menerima iOS 16 untuk dimatikan. Namun, ia meminta kepada penggunanya untuk berhati-hati dan bijak saat menggunakannya.

"Kalau mau dipakai no problem, cuma memang jangan digunakan untuk melakukan transaksi yang sensitif saja. Misalnya transaksi perbankan (via mobile banking)," sebut Eryk.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa Pembaruan

iOS 16 sepertinya bakal semakin memanjakan pengguna iPhone. Pasalnya, Apple menanamkan sejumlah pembaruan yang cukup signifikan.

Beberapa di antaranya adalah fitur hapus dan batalkan pesan diiMessages. Nantinya, pengguna bisa mengedit dan membatalkan pesan, 15 menit setelah pesan tersebut dikirim.

Penerima pesan belum akan mendapat notifikasinya. Namun mereka bisa tahu bahwa pesan tersebut telah diedit atau ditarik kembali.

Tak hanya itu,iOS 16 juga membuat penggunanya bisa menyalin langsung teks dari video. Namun, fitur itu hanya tersedia untuk beberapa bahasa.

Mengutip situs resmi Apple, fitur ini cuma tersedia untuk seri yang memakai chip A12 Bionic atau yang lebih maju (iPhone XS ke atas), serta hanya untuk bahasa Inggris, Prancis, Tiongkok, Italia, Jerman, Jepang, Korea, Portugis, Spanyol dan Ukraina.

iOS 16 akan tersedia sebagai perangkat lunak beta dan akan tersedia mulai bulan depan. Sementara rilis resmi diharapkan musim gugur ini.

Berikut daftar semua model iPhone yang kompatibel dengan iOS 16:

iPhone 8 dan 8 Plus
iPhone X
iPhone XS dan XS Max
iPhone XR
iPhone 11
iPhone 11 Pro dan Pro Max
iPhone 12 dan 12 mini
iPhone 12 Pro dan Pro Max
iPhone 13 dan 13 mini
iPhone 13 Pro dan Pro Max
iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3)

Adapun iPadOS 16 kompatibel dengan iPad berikut:

iPad Pro (semua model)
iPad Air (generasi ke-3 dan lebih baru)
iPad (generasi ke-5 dan lebih baru)
iPad mini (generasi ke-5 dan lebih baru)

Berikut daftar iPhone yang tidak kompatibel dengan iOS 16:

iPhone SE (generasi pertama)
iPhone 6s
iPhone 6s Plus
iPhone 7
iPhone 7 Plus
iPod Touch

(lth/lth)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER