TEKNO SEPEKAN

Rute Pesawat Presiden Jokowi hingga Keluhan soal MyPertamina

CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 06:24 WIB
Kabar sepekan lalu Tekno berpusat pada rute penerbangan Presiden Jokowi ke Eropa, keluhan soal TV digital, suara netizen soal MyPertamina dan Menpan RB wafat. Ilustrasi. Flightradar25 sempat memantau rute memutar pesawat Presiden Jokowi saat menuju ke Eropa. (Foto: Screenshot via www.flightradar24.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kabar sepekan dunia teknologi periode 27 Juni hingga 3 Juli dihiasi info terkait rute pesawat Presiden Joko Widodo, masalah program televisi digital, hingga keluhan warganet soal aplikasi MyPertamina.

Berikut rinciannya:

1. Rute 360 derajat pesawat Presiden

Situs pelacak penerbangan Flightradar 24 memperlihatkan rute penerbangan pesawat GA1 yang dinaiki Presiden Jokowi memutar 360 derajat di atas langit perbatasan Iran dan Turki, Senin (27/6) siang.

Saat itu, Presiden tengah menempuh perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Munich, Jerman, untuk menghadiri KTT G7.

Pihak Garuda Indonesia merespons bahwa manuver itu tidak berbahaya dan lebih terkait urusan waktu pendaratan di Munich agar tak berbarengan dengan rombongan lain.

2. Masalah TV digital

DPR mengungkap sejumlah masalah pokok program migrasi dari TV analog ke TV digital (analog switch-off/ASO). Yakni, sosialisasi program yang tak sampai ke masyarakat, izin siaran bagi televisi lokal yang terlalu mahal, jumlah channel yang masih terbatas.

Menjawab dua masalah pertama di atas, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku tengah mengevaluasi program. Terkait keterbatasan jumlah kanal, terutama di daerah tahap I ASO, Kominfo mengaku belum membuka izin siaran.

Selain itu, Kominfo tak memberi sanksi kepada stasiun televisi yang masih juga belum migrasi ke siaran digital hingga tenggatnya 2 November.

3. Gangguan sinyal Tri

Sejumlah pengguna yang memakai operator selularTri melaporkan gangguan jaringan hingga tak bisa berinternet ria, Selasa (28/6). Warganet pun meresponsnya dengan membuat kata kunci 'Tri Mantab Banget' menjadi trending topic nomor 4 di Twitter.

Akun Twitter resmi Tri mengungkapkan gangguan itu terkait pemeliharaan jaringan. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), yang merupakan induk perusahaan Tri, akan memberi kompensasi berupa kuota 1GB kuota data yang dapat digunakan untuk browsing hingga game online.

4. Ancaman blokir Mobile Legends hingga PUBG

Kominfo kembali menegaskan ancaman pemblokiran bagi Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), termasuk game online, yang tak mendaftar paling lambat 20 Juli. Dua gim populer yang bisa terdampak adalah Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Menjawab ancaman itu, kedua pihak mengaku sedang memproses pendaftaran PSE Kominfo.

5. Daur ulang nomor Hp

Warganet sempat ramai memperbincangkan soal bahaya daur ulang alias recycle nomor ponsel. Salah satu akun menilai Kominfo seharusnya melarang operator seluler untuk recycle nomor HP lantaran nomor kerap terhubung dengan data kependudukan dan login aplikasi keuangan.

Kominfo mengaku daur ulang itu diperbolehkan aturan karena keterbatasan variasi angka ponsel. Telkomsel dan Indosat pun mengaku patuh pada tenggat minimal 60 hari untuk mendaur ulang nomor hangus dan memasarkannya ulang.

Soal potensi bahayanya, Indosat meminta pengguna untuk lebih 'aware' untuk memperbarui data nomor kontak di berbagai aplikasi.

 

Beda Iduladha hingga kabar duka di halaman berikutnya...

Beda Iduladha hingga Error MyPertamina

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER