4 Hal 'Gila' dari Foto Semesta Terjauh Teleskop James Webb

CNN Indonesia
Selasa, 19 Jul 2022 16:44 WIB
Foto pertama yang dihasilkan Teleskop James Webb memuat banyak hal menakjubkan. Apa saja? Foto pertama hasil tangkapan teleskop James Webb. (Arsip NASA, ESA, CSA, and STScI via web nasa.gov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak sekedar kilauan semesta terjauh, gugus galaksi SMACS 0723 hasil jepretan teleskop James Webb memiliki sejumlah keistimewaan yang 'gila'.

Sebelumnya, lembaga antariksa AS NASA bersama Presiden AS Joe Biden merilis foto pertama Webb berupa semesta terjauh yang dikenal sebagai deep field. Gambar ini merupakan hasil komposit yang dibuat dari foto-foto pada panjang gelombang yang berbeda.

Tampilan klaster galaksi SMACS 0723 adalah perwujudannya pada 4,6 miliar tahun yang lalu, karena jarak galaksi tersebut dengan teleskop adalah 4,6 miliar tahun cahaya.

Mengutip dari Space.com, teleskop James Webb bekerja dengan mengumpulkan cahaya melintasi seluruh spektrum merah hingga tengah infra merah. Itu merupakan gelombang cahaya yang diblok oleh atmosfer Bumi.

Teleskop James Webb bisa memproduksi foto yang tingkat ketajamannya belum pernah dicapai teleskop lain. Itu dilakukannya lewat cermin besar beserta infra merah yang menghalangi bayangan Matahari, Bumi dan Bulan.

Sepintas, tampilan foto tersebut hanya berupa titik-titik berwarna-warni. Ada yang berwarna putih terang, namun ada pula yang berwarna oranye.

"Anda melihat foto ini dan menyadari tidak ada langit yang kosong," kata Profesor dari Ohio State University, Scott Gaudi, "Ada hal-hal gila yang terjadi di mana pun".

Melansir Live Science, titik-titik tersebut merupakan klaster galaksi. Berikut penjelasan lebih rinci foto tersebut.

1. Klaster Paling Terang

Pada bagian tengah foto itu terdapat sejumlah titik berwarna putih terang dengan garis cahaya. Diketahui, titik-titik tersebut merupakan klaster sebuah galaksi.

Klaster-klaster galaksi itu merupakan beberapa dari struktur terbesar yang terikat secara gravitasi di semesta. Klaster tersebut berisi ratusan hingga ribuan galaksi individu yang bersinar bersamaan.

Titik paling terang pada bagian tengah foto mewakili galaksi yang lebih besar. Beberapa darinya terlihat seperti bergabung bersama secara aktif.

Ketika sebuah galaksi bertubrukan, sebuah kekacauan yang panas muncul. Jumlah awan gas yang sangat banyak bertabrakan, terkompres, dan memanas untuk membentuk bintang-bintang baru yang muncul dari galaksi yang bertubrukan itu.

Bintang-bintang baru tersebut yang tidak terikat dengan klaster galaksi manapun, membuat kabut putih yang idkenal sebagai cahaya intra-cluster.

2. Kaca Pembesar Kosmik

Gugus galaksi SMACS 0723 menjadi target bagus observasi karena berukuran sangat besar. Ia merangkum cahaya dari bintang-bintang dan deret galaksi yang berlokasi miliaran tahun cahaya di belakang Bumi.

Salah satu yang menarik dari foto SMACS 0723 adalah beberapa lengkungan oranye. Lengkungan tersebut merupakan hasil dari lensa gravitasi.

Lensa gravitasi merangkum dan membesarkan cahaya dari galaksi yang ada di bagian belakangnya. Bayangkan titik tengah foto ini sebagai sebuah jam dinding, maka akan terlihat dua galaksi di bagian belakangnya di antara arah jam 2 dan jam 3, serta arah jam 7 dan jam 9.

Kedua galaksi tersebut memancarkan garis oranye cerah melengkung yang mengelilingi bagian tengah klaster galaksi. Mereka terlihat lebih panjang karena cahayanya diperbesar dengan skala luar biasa.

Terlepas dari penampakannya yang besar dan melengkung, kedua galaksi itu pada dasarnya berjarak 13 miliar tahun cahaya.

Massa dari gugus galaksi di bagian tengah tidak hanya memperbesar galaksi yang ada di belakangnya, melainkan juga menggandakan. Jika melihat lebih dekat, akan terlihat garis oranye itu lebih terang di bagian sudut dan redup di titik pusatnya.

Jika dilihat lebih dekat lagi, akan tampak dua bagian yang terlihat kembar. Penampakan itu merupakan hasil sampingan dari lensa gravitasi.

Galaksi Spiral dan Oranye di halaman berikutnya...

Galaksi Spiral dan Elips Oranye

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER