Fitur Baru WhatsApp Permudah Cari Urusan Bisnis, RI Dapat Duluan

CNN Indonesia
Jumat, 30 Sep 2022 11:30 WIB
Indonesia mendapat akses lebih awal ke fitur Business Search WhatsApp dibandingkan pengguna di negara lain. Ilustrasi. Indonesia menjadi negara awal yang mendapatkan Whatsapp Business Search. (Foto: iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna WhatsApp di Indonesia bakal mendapat akses ke fitur Business Search lebih awal dibandingkan pengguna di negara-negara lain.

Pihak perusahaan akan mengumumkannya dalam acara Conversations APAC, konferensi Perpesanan Bisnis Meta untuk wilayah Asia Pasifik, Jumat (30/9).

"Fitur Business Search akan memungkinkan masyarakat Indonesia mencari bisnis berskala besar-yang menggunakan Platform WhatsApp Business-langsung melalui WhatsApp," tulis WhatsApp dalam keterangan resminya.

Fitur Business Search akan diluncurkan secara bertahap mulai 10 Oktober dan akan tersedia untuk pengguna Android di Indonesia terlebih dulu.

Di Indonesia, 7 dari 10 orang mengatakan mereka lebih suka mengirim pesan ke sebuah bisnis daripada menelepon atau mengirim email. Berbagai pelaku bisnis berskala besar di tanah air menyadari hal ini sehingga telah mengadopsi WhatsApp agar terhubung dengan para pelanggan.

"WhatsApp adalah cara yang tepat bagi orang-orang dan pelaku bisnis di Indonesia untuk saling terhubung. Sejak meluncurkan Platform WhatsApp Business untuk bisnis berskala besar, kami telah mempercepat dan mempermudah bisnis untuk menyiapkan dan memulai, serta menanggapi pertanyaan pelanggan secara efisien." kata Deepesh Trivedi, Direktur Business Messaging di Meta APAC.

"Sekarang, Business Search memberikan cara yang mudah bagi orang-orang untuk menemukan bisnis berskala besar dan mendapatkan bantuan dengan cepat melalui WhatsApp," katanya menambahkan.

Kehadiran Business Search nantinya akan memudahkan pengguna menemukan bisnis tertentu, cukup dengan mengetik nama bisnis di bilah Pencarian WhatsApp dan mulai percakapan.

Fitur ini akan memungkinkan pengguna WhatsApp di Indonesia menemukan bisnis atau perusahaan besar yang telah menggunakan Platform WhatsApp Business untuk membangun solusi kustom berskala besar, dan bukan usaha kecil dan menengah (UMKM) yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

Menurut data dari WhatsApp, Dalam seminggu, 1 miliar orang mengirimkan pesan ke bisnis menggunakan WhatsApp, Messenger, dan Instagram Direct. Selain itu, jumlah percakapan sehari-hari antara pelanggan dan bisnis terus tumbuh secara signifikan. Bahkan, tumbuh lebih dari 50% dalam satu tahun ke belakang.

"Banyak pelanggan kami yang menggunakan WhatsApp. Jadi kami membuat chatbot yang dilengkapi beberapa fitur, seperti mengecek pulsa dan kuota data, mengunduh tagihan, serta menjawab kebutuhan pelanggan. Sekarang, sekitar 92 persen pertanyaan pelanggan kami dapat diselesaikan via IM3 Official WhatsApp," kata Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

[Gambas:Video CNN]

(lth/arh)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER