Rumus Bangun Datar Lengkap untuk Menghitung Luas dan Keliling

tim | CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 09:00 WIB
Masing-masing bangun datar memiliki rumus hitung untuk mencari luas dan kelilingnya. Berikut kumpulan rumus bangun datar lengkap untuk kamu pelajari. Ilustrasi. Kumpulan rumus bangun datar lengkap untuk mencari luas dan keliling. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bangun datar merupakan salah satu bagian dari materi geometri yang ada di pelajaran matematika. Ada banyak macam bangun datar, mulai dari persegi, segitiga, hingga lingkaran.

Masing-masing bangun datar ini memiliki rumus hitung untuk mencari luas dan kelilingnya. Berikut kumpulan rumus bangun datar lengkap untuk kamu pelajari.

Dilansir dari buku Ethnomatika: Belajar Konsep Matematika Menggunakan Budaya Nusantara (2019), definisi bangun datar merujuk pada bangun dua dimensi yang memiliki dua unsur yaitu panjang dan lebar, tetapi tidak dengan tinggi dan lebar.

Dengan sifatnya itu, maka bangun datar bisa dihitung luas dan kelilingnya. Berbeda dengan bangun ruang tiga dimensi yang dapat dihitung volumenya karena memiliki tinggi sebagai unsur pembentuknya.

Bangun datar dibatasi oleh garis-garis lurus yang saling terhubung satu sama lain. Contoh bangun datar, yaitu persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, dan lingkaran.

Nah, untuk mempelajari rumus dari bangun yang sudah disebutkan di atas, maka berikut rumus bangun datar sebagai acuan dalam mengerjakan soal.

1. Persegi

Persegi adalah sebuah bangun datar yang keempat sisinya sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku. Berikut rumus luas dan keliling dari persegi:

  • Luas = s x s

Keterangan:
L = luas
s = sisi

  • Keliling = s x s x s x s atau 4 x s

Keterangan:
K = keliling
s = sisi


2. Persegi panjang

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki 2 pasang sisi sejajar serta semua sudutnya siku-siku. Berikut rumus luas dan keliling persegi panjang.

  • Luas = p x l

Keterangan:
p = panjang
l = lebar

  • Keliling = (2 x p) + (2 x l)

Keterangan:
p = panjang
l = lebar


3. Segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang dibatasi tiga sisi. Terdapat tiga jenis segitiga berdasarkan sisinya, yaitu segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, dan segitiga sembarang.

Untuk menghitung luas dan kelilingnya dapat menggunakan rumus luas dan keliling yang sama. Berikut rumus hitung segitiga.

  • Luas = ½ x a x t

Keterangan:
a = panjang alas
t = tinggi

  • Keliling = sisi A + sisi B + sisi C


4. Trapesium

Rumus bangun datar berikutnya adalah trapesium. Bangun datar ini memiliki empat buah sisi serta empat buah titik sudut. Berikut rumus luas dan keliling trapesium.

  • Luas = ½ x jumlah sisi sejajar x t

Keterangan:
Jumlah sisi sejajar = A + B

  • Keliling = Jumlah sisi sejajar atau A + B + C + D


5. Jajar genjang

Jajar genjang adalah bangun datar segi empat yang memiliki dua pasang sisi sejajar. Berikut rumus luas dan keliling jajar genjang.

  • Luas = a x t

Keterangan:
a = panjang alas
t = panjang tinggi

  • Keliling = 2 x alas + 2 x sisi miring atau 2 (p+l)


6. Layang-layang

Layang-layang dibentuk dari dua segitiga sama kaki yang alasnya sama panjang dan berimpit. Bangun datar ini juga memiliki dua diagonal yang tegak lurus dan empat pasang titik sudut yang tidak sama besar.

Berikut rumus luas dan keliling layang-layang

  • Luas = 1/2 x d1 x d2

Keterangan:
d1 = diagonal vertikal
d2 = keliling horizontal

  • Keliling = a + b + c + d atau 2 (a + b)

Keterangan:
a dan b adalah kedua pasang sisi yang sama panjang


7. Belah ketupat

Belah ketupat merupakan bangun datar segi empat yang keempat sisinya sama panjang dan sudut-sudut yang berhadapan ukurannya sama besar. Berikut rumus luas dan keliling belah ketupat.

  • Luas = ½ x d1 x d2

Keterangan:
d1 dan d2 adalah diagonal sisi dalam bangun datar belah ketupat

  • Keliling = s + s + s + s atau K = 4 x sisi


8. Lingkaran

Lingkaran merupakan bangun datar yang jarak setiap titik pada sisinya dengan pusat lingkaran selalu sama atau konstan.

Bangun ini berbeda dengan bangun datar lainnya karena memiliki jari-jari yaitu jarak titik pusat ke tepi lingkaran. Selain itu, lingkaran juga memiliki diameter yang berarti dua kali jari jari, sebagai panjang garis tengah.

Berikut rumus luas dan keliling lingkaran.

  • Luas = π × r × r atau π r²

Keterangan:
r = jari-jari dari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari satuannya centimeter (cm), maka satuan luasnya cm².

  • Keliling = 2π r atau π d

Keterangan:
r = jari-jari
nilai π yaitu 22/7 atau 3,14

Demikian rumus bangun datar lengkap yang perlu kamu kuasai ketika belajar materi geometri. Semoga Anda bisa mengingat dan mempraktikkannya pada soal-soal latihan.

(ira/fef)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER