Dubes AS: Kopi Indonesia Itu Seperti Perhiasan dari Afrika

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2015 14:27 WIB
Kopi dari Indonesia termasuk komoditas yang digemari di Amerika Serikat. Dubes AS untuk Indonesia Robert O. Blake mengatakan kopi itu seperti perhiasan. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake. (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kiprah kopi asal Indonesia memang tak diragukan lagi. Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Robert O. Blake pun mengatakan saat ini biji kopi asal Indonesia merupakan produk primadona di negara Paman Sam itu.

"Indonesia saat ini jika dilihat dari hasil produksinya menempati peringkat ketiga terbesar di dunia. Dan ini merupakan prestasi yang membanggakan karena kopi Indonesia telah memberikan kontribusi besar bagi dunia," kata Blake saat memberikan kuliah umum di Universitas Al Azhar Jakarta, Selasa (26/5).

Menurut Blake, kopi memiliki sejarah yang panjang dan memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi. Indonesia memiliki letak geografis yang sangat cocok bagi tanaman kopi sehingga mempermudah penanaman kopi itu sendiri. Menurut Blake, orang AS sangat gemar meminum kopi. Ia mengibaratkan biji kopi dari Indonesia bagaikan perhiasan mahal dari Afrika.


"Kita orang Amerika sangat senang minum kopi, tapi kami tidak punya kemampuan untuk memproduksi kopi. Lebih baik kita impor biji kopi dari luar negeri daripada menanam sendiri," katanya.

Impor kopi Amerika Serikat dari dunia untuk periode Januari hingga Desember 2014 sebesar US$ 5,88 miliar atau meningkat 10,46 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013. Saat ini, Indonesia berada di peringkat ke-6 sebagai negara pengimpor kopi ke Amerika Serikat dengan pangsa pasar sebesar 5,49 persen.

Peluang emas tersebutlah yang menurut Blake harus dimanfaatkan Indonesia untuk ekspor lebih banyak di tengah pelambatan ekonomi dunia.

"Bagi industri perdagangan pelambatan ekonomi memberikan kesempatan pengusaha untuk berinovasi lebih baik," katanya.
(ded/ded)