BRI Siapkan Rp5 Triliun untuk Antisipasi Libur Panjang

Giras Pasopati, CNN Indonesia | Rabu, 04/05/2016 10:47 WIB
BRI Siapkan Rp5 Triliun untuk Antisipasi Libur Panjang Uang tunai tersebut didistribusikan ke 462 outlet dan lebih dari 21 ribu ATM BRI di seluruh Indonesia, selama periode 5 Mei sampai dengan 8 Mei 2016. (Dok. BRI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Permintaan cash money atau uang tunai saat libur panjang 5-8 Mei 2016 diperkirakan meningkat, terutama di kota-kota besar dan daerah tujuan wisata. Hal itu membuat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyiapkan uang tunai hingga Rp5 triliun selama periode tersebut.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan, uang tunai sebesar Rp5 triliun tersebut digunakan untuk mengisi kas Unit Kerja Operasional (UKO) dan mesin ATM selama hari libur tersebut.

Ia menjelaskan, alokasi dana tersebut lebih banyak difokuskan untuk mengisi ATM yang memiliki porsi 78 persen sedangkan 22 persen lainnya untuk kebutuhan dana di UKO.


“Uang tunai tersebut didistribusikan ke 462 outlet dan lebih dari 21 ribu ATM BRI di seluruh Indonesia, selama periode 5 Mei sampai dengan 8 Mei 2016” ujar Hari, Rabu (4/5).

Hari menambahkan, dari total uang tunai yang disiapkan untuk antisipasi kebutuhan masyarakat pada libur long weekend, uang tunai yang disiapkan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). sebanyak Rp1 triliun, dimana 79,76 persen nya digunakan untuk mengisi ATM.

Selain itu, Bank BRI juga memastikan sebanyak 230 UKO BRI di seluruh Indonesia akan tetap melayani masyarakat untuk keperluan penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non-BBM dari SPBU atau Pertamina pada tanggal 6 Mei 2016, atau saat libur cuti bersama. Sedangkan 140 UKO akan beroperasi pada hari Sabtu dan Minggunya atau tanggal 7 dan 8 Mei 2016.

“Ke-140 UKO yang tetap beroperasi di akhir pekan tersebut dapat melayani transaksi Setoran/ Penarikan Tunai Rekening BRI, Pembukaan Rekening, dan Pemindahbukuan antar BRI, serta layanan operasional terbatas lainnya,” katanya.

Sementara, terkait dengan aksi kriminalitas yang mungkin terjadi selama libur panjang, Bank BRI menghimbau kepada nasabahnya agar senantiasa berhati-hati dalam mengambil, membawa serta membelanjakan uangnya.

“Tak perlu membawa uang tunai banyak-banyak. Ambil dan belanjakan uang tunai secukupnya saja. Apabila memiliki keperluan terkait transaksi perbankan, gunakan fasilitas e-banking Bank BRI, baik itu dalam bentuk Mobile banking BRI, internet banking BRI maupun fasilitas e-banking BRI lainnya,” tutur Hari Siaga.