Kuartal III, Pembiayaan Roda Empat Multifinance Menggeliat

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Kamis, 06/10/2016 06:42 WIB
Kuartal III, Pembiayaan Roda Empat Multifinance Menggeliat Ilustrasi pembiayaan mobil pada pameran mobil GIIAS. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Industri perusahaan pembiayaan (multifinance) mulai menikmati pemulihan permintaan pembiayaan kendaraan bermotor roda empat di kuartal ketiga tahun ini. Buktinya, pembiayaan baru (new booking) sejumlah multifinance mulai bertumbuh.

Direktur Marketing PT Mandiri Tunas Finance (MTF) Hardjanto Tjitohardjojo bilang, anak usaha Bank Mandiri itu tercatat membukukan penyaluran pembiayaan Rp13,3 triliun hingga akhir September 2016 atau naik 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sebanyak 95 persen dari portfolio pembiayaan disalurkan untuk segmen mobil baru dan sisanya disalurkan ke mobil bekas dan multiguna.


Hardjanto mengatakan, kenaikkan permintaan tersebut tak lepas dari keterlibatan MTF dalam acara pameran otomotif yang banyak digelar selama tiga bulan lalu terakhir ini. Tercatat MTF pernah menawarkan pembiayaan dengan bunga nol persen untuk tenor satu tahun selama pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

"MTF aktif dalam acara pameran dan MTF juga sudah resmi menjadi leasing partner di semua merek kendaraan," ujar Harjanto kepada CNNIndonesia.com, Rabu (5/10).

PT BCA Finance juga membukukan pertumbuhan permintaan pembiayaan kendaraan bermotor roda empat sebanyak 16 persen dibandingkan kuartal III tahun lalu.

Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim menuturkan, secara nilai, perseroan berhasil membukukan penyaluran pembiayaan Rp22,9 triliun untuk mobil bekas dan mobil baru. "Kami menawarkan bunga yang kompetitif di pasar, mungkin itu yang menarik nasabah," imbuh Roni.

Dilihat dari sisi rasio pembiayaan bermasalah (nonperforming finance/NPF), NPF kedua perusahaan tersebut masih terbilang cukup rendah, yakni di kisaran 1 persen.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melansir, penjualan mobil selama bulan Agustus memang mencatatkan puncak tertinggi sepanjang tahun 2016. Pada Agustus, total unit terjual sebanyak 96.294 unit dan mencapai 78.180 unit pada September 2016.

Penjualan mobil selama bulan Agustus diyakini mengalami kenaikan setelah adanya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show. Selama GIIAS yang digelar dari 11-21 Agustus 2016 total ada penjualan sebanyak 20.384 unit dengan nilai transaksi sebesar Rp 6,1 triliun. (bir/bir)