Melihat Jejaring Mohamad Reiza

Anugerah Perkasa | CNN Indonesia
Senin, 23 Jan 2017 11:58 WIB
President University di kawasan Jababeka turut mendidik Mohamad Reiza menjadi alumnus berprestasi. Tak hanya karir, namun juga perluasan jaringan. President University di kawasan Jababeka turut mendidik Mohamad Reiza menjadi alumnus berprestasi. Tak hanya karir, namun juga perluasan jaringan. (Dok. Jababeka Infrastruktur)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesan ramah muncul pada sosok Mohamad Reiza (34), alumnus President University yang lulus pada 2008.

Semasa kuliah, Reiza juga aktif mengikuti pelbagai aktivitas sosial seperti mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak miskin di sekitar kampus. Dia mengatakan salah satu kemampuan yang terus diasahnya adalah membuat jejaring dan berhubungan dengan orang lain.

“Kekuatan saya adalah berhubungan dengan orang lain dan membuat jejaring,” kata Reiza.


Untuk terus mengasah hal itu, dia juga mendirikan klub ‘President University Youth Association’ di kampus tersebut. Hal inilah yang membuat dirinya terus melebarkan jaringan hingga ke organisasi nasional dan internasional, macam Unesco. Sepanjang 2007–2009, dia bergelut bidang kepemudaan yang membawanya melanglang buana, di antaranya dari Thailand hingga Perancis.

Usai lulus, dirinya kemudian bekerja di Kantor Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat pada 2009—2015. Dia mengerjakan program kebudayaan macam pameran, musik, tarian, hingga film. Reiza pun berinteraksi dengan orang-orang di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah hingga Kalimantan.

Pada 2013, dia sempat dipercaya untuk mengikuti kegiatan internasional macam pelatihan Diplomasi Publik di AS. Terkait karir dan pendidikan, dia juga sering berkonsultasi dengan Chairman Jababeka Group S.D Darmono.
Mohamad Reiza dalam salah satu aktivitasnya.Mohamad Reiza dalam salah satu aktivitasnya.(FOTO:Jababeka Infrastruktur)

Bergelut dengan Pemuda

Pada 2016, dia akhirnya memutuskan bergabung dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Direktorat Tenaga Kerja dan Perluasan Lapangan Kerja. Dia menjadi Ketua Tim Komunikasi Jejaring Lapangan Kerja bagi Kaum Muda Indonesia (Jejakmu).

Program Jejakmu juga dikenal dengan Indonesia Youth Employment Network, dan menjadi salah satu program PBB. Dirinya sering melakukan pendampingan tenaga kerja muda.

“Di sini kami melakukan revitalisasi kelembagaan Jejakmu di daerah-daerah seperti Karawang, Bandar Lampung, Bojonegoro dan Timor Tengah Selatan,” kata Reiza.

Kini jejak Reiza lebih banyak melanglang-buana ke pelbagai daerah. Dia pun terus meluaskan jaringannya dengan menggandeng pemerintah lokal, Apindo dan BLK untuk mengoptimalkan program Jejakmu di Tanah Air. (asa/asa)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER