Trans Jawa Diklaim Siap Tampung Pemudik Tahun Depan

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Rabu, 03/01/2018 18:02 WIB
Trans Jawa Diklaim Siap Tampung Pemudik Tahun Depan Operasional seluruh ruas jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya dipastikan rampung sebelum akhir tahun. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yakin operasional seluruh ruas jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya rampung sebelum akhir tahun.

Bahkan, Basuki memperkirakan seluruh ruas sudah bisa dimanfaatkan untuk mudik tahun ini secara fungsional atau bisa dilintasi oleh pemudik.

"Mudah-mudahan Juni ini, [Trans Jawa] bisa fungsional buat mudik," ujar Basuki usai menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN Rabu (3/1).


Basuki mengungkapkan, sebagian besar pembebasan lahan dan konstruksi fisik ruas jalan tol Trans Jawa setidaknya sudah mencapai lebih dari 95 persen. Misalnya, ruas tol Pejagan-Pemalang di mana pembebasan lahan sudah rampung 100 persen dan konstruksi fisiknya sudah 84 persen.


"Pertengahan Januari ini kami minta sudah selesai untuk pembebasan semua tanah dan konstruksinya akhir 2018 ini sudah bisa dioperasikan full," ujarnya.

Salah satu ruas tol Trans Jawa yang saat ini masih terkendala pengerjaan konstruksinya adalah ruas jalan tol Batang-Semarang.

"Di Batang-Semarang ada tanah lunak misalnya. Ini kan masalahnya konstruksi tanah lunak kita mesti dengan konstruksi vacuum kayak di Palindra (Palembang-Indralaya)," ujarnya.

Sementara, untuk ruas tol Trans Sumatera, Basuki juga meyakinkan bakal bisa dilintasi pada pertengahan tahun ini, sehingga akan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. Salah satu ruas tol Trans Sumatera yang akan diresmikan pada bulan ini adalah ruas tol Bakauheni-Tebanggi Besar.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani mengungkapkan, salah satu ruas jalan tol Trans Jawa yang bakal beroperasi dalam waktu dekat adalah ruas tol Ngawi-Kertosono di mana perseoroan bertanggung jawab untuk ruas sepanjang 49 kilometer (km).

"Itu yang bakal kami operasikan paling lambat awal Februari 2018," ujar Desi.


Sebelum dioperasikan, pihaknya bakal menggelar Festival Jalan Tol pada 6 Januari 2018 mendatang untuk melihat antusiasi masyarakat.

Sebagai informasi, jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak ke Banyuwangi memiliki panjang 1.167 km. Saat ini, baru 561 km diantaranya yang telah beroperasi, sementara sisanya masih dalam proses kontruksi.

Beberapa ruas yang telah beroperasi diantaranya jalan tol Tangerang-Merak, Jakarta-Tangerang, Cawang-Cengkareng, Cawang-Priok, Jakarta-Cikampek, JORR, Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci, dan Kanci-Pejagan. (gir/gir)