Perginya Pendiri Ikea Itu

Deddy S, CNN Indonesia | Senin, 29/01/2018 00:51 WIB
Perginya Pendiri Ikea Itu Seorang pengunjung memotret dengan latar belakang foto Ingvar Kamprad di Museum Ikea di Swedia. (Foto: AFP PHOTO / TT News Agency / Ola TORKELSSON / Sweden OUT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Ikea, Ingvar Kamprad, wafat dalam usia 91 tahun. Ikea menyebutkan, Kamprad wafat dengan tenang dikelilingi keluarga dan orang terkasihnya, di selatan Swedia, tepatnya di Smaland, Sabtu (27/1).

Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven, kepada kantor berita TT mengatakan, Kamprad adalah wirausahawan yang unik dan sangat berarti bagi bisnis Swedia. “Dia telah membuat bisnis furnitur tersedia bagi semua orang, tidak hanya segelintir orang,” tuturnya.

Lahir pada 1926 dari keluarga petani di Smaland, Kamprad mendirikan Ikea dalam usia 17 tahun. “Dia muncul entah dari mana, tapi dengan kekuatan dari dalam dirinya, kemampuan, dan kemauannya, dia menciptakan sesuatu yang membanggakan, kalau kita melihat Ikea di dunia saat ini,” tutur bankir Swedia Jacob Wallenberg, dikutip koran Dagens Industri.


Tapi kesuksesannya diikuti kontroversi. Pada 1973 dia menghindari struktur pajak yang tinggi di Swedia dengan hijrah ke Denmark. Selanjutnya dia pergi ke Swiss untuk membidik pajak yang lebih rendah. Komisi Eropa mengumumkan telah melancarkan investigasi terhadap perjanjian pajak Ikea di Belanda.

Konsorsium Jurnalis Investigasi pada 2014 mengutip bocoran berkas pajak dari Luxembourg dan diduga Ikea teridentifikasi sebagai salah satu perusahaan multinasional yang melakukan penghindaran pajak dengan menitipkan duitnya di kawasan tax haven. Tapi Ikea menyatakan mereka telah mematuhi semua regulasi pajak nasional dan internasional.

Kritik lain muncul terkait masa lalu Kamprad. Dia pernah ikut gerakan anak muda Swedia yang pro Nazi pada Perang Dunia II, yang dipimpin seorang aktivis bernama Per Engdahl. Swedia sendiri bersikap netral selama Perang Dunia II. Kamprad menyatakan berhenti mengikuti rapat kelompok itu pada 1948 dan mengatakan keikutsertaannya adalah “Kesalahan terbesar dalam hidupnya”.

Pada 2013 dia mengumumkan akan mundur dari Inter Ikea, pemilik konsep Ikea dan pemegang mereknya. Putra bungsunya naik menjadi komisaris. Kamprad kemudian pulang ke Swedia pada 2014 dan harus membayar pajak senilai US$760 ribu.

Furnitur untuk semua kalangan
Salah satu warisan Kamprad adalah menciptakan furnitur yang harganya terjangkau, sehingga Ikea menjadi favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. “Desain yang bagus bisa dimiliki siapa saja, karena kemampuannya,” kata Steven Coetzee, turis berusia 45 tahun dari Afrika Selatan, seperti dikutip AFP.

Jiwa bisnis Kamprad sudah terpupuk sejak kecil. Pada usia 5 tahun dia mulai berjualan korek api kepada tetangganya. Dia juga menjual bibit tanaman, kartu ucapan, dekorasi pohon natal.

Kemudian dia mendirikan Ikea pada 1943. Ikea sendiri merupakan singkatan dari nama Ingvar Kamprad, Elmtaryd, dan Agunnaryd, yang merupakan nama dari perkebunan dan daerah asalnya. Dengan bantuan modal dari ayahnya, Kamprad mulai menjual pena, bingkai foto, mesin tik, dan barang-barang lain.
 
Kamprad melakukan penghantaran barang dengan sepedanya. Kesuksesannya bermula saat dia menurunkan harga untuk memenangi persaingan dengan kelompok usaha lain.

Pada 1947, Kamprad mulai menjual furnitur buatan pengrajin lokal dan empat tahun kemudian membuat katalog pemesanan, yang sekarang sudah dicetak 200 juta kopi per tahun dalam 33 bahasa.

Salah satu ide revolusioner Ikea adalah membuat furnitur yang bisa dirakit sendiri oleh pembeli. Hal itu telah menghemat biaya transportasi dan penyimpanan. Ide ini diwujudkan mulai 1956 saat seorang karyawannya menyarankan mencabut kaki meja supaya meja itu bisa diangkut dengan mudah.

Dilansir dari CNN, saat ini Ikea sudah memiliki 355 toko di 29 negara, termasuk Indonesia. Ikea mempekerjakan 190 ribu orang di seluruh dunia, dan meraih pendapatan tahunan sebesar US$47 miliar dari bisnis furnitur, peralatan dapur, aksesoris rumah, dan bakso Swedia. Valuasi Ikea naik tiga kali lipat sejak 2000 dan sekarang bernilai US$18,5 miliar, menurut Interbrand pada 2017.

Kamprad mencatatkan dirinya sebagai salah satu orang terkaya dunia. Bisnisnya telah membuatnya mencetak kekayaan sebesar US$46 miliar pada 2017, berdasarkan majalah ekonomi Swiss, Bilan. Sedang menurut Indeks Miliuner Bloomberg, Kamprad adalah orang terkaya nomor 8 dunia dengan kekayaan senilai US$58,7 miliar.
 
Tapi Kamprad dikenal mempertahankan gaya hidup yang sederhana. Dia membeli pakaian di toko biasa, mengemudikan Volvo tua, dan selalu membawa makan siang ke kantor. (ded/ded)