Merapi Erupsi, Penerbangan Lion Air dan Air Asia Terganggu

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Jumat, 11/05/2018 18:36 WIB
Merapi Erupsi, Penerbangan Lion Air dan Air Asia Terganggu Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak delapan jadwal penerbangan Lion Air dan 12 jadwal penerbangan Air Asia di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, mengalami perubahan akibat meletusnya Gunung Merapi hari ini, Jumat (11/5).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro merinci, kedelapan penerbangan itu terdiri dari tiga penerbangan dari dan ke Jakarta, satu penerbangan dari Denpasar, satu penerbangan menuju Banjarmasin, satu penerbangan menuju Pekanbaru, satu penerbangan dari Balikpapan, dan satu penerbangan menuju Surabaya.

Jadwal kedelapan penerbangan ini terganggu sebelum AirNav menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) Nomor B3565/18, di mana operasional bandara Adisutjipto sudah kembali beroperasi pada pukul 14.17 WIB.

"Penerbangan Lion Air Group akan menyesuaikan dengan keputusan otoritas bandar udara dan airport dinyatakan aman (safety) untuk penerbangan," ujar Danang dikutip dari siaran pers, Jumat (11/5).


Tergannggunya delapan jadwal penerbangan ini murni karena kondisi kahar (force majeure) yang tidak bisa dikendalikan manusia. Jika pesawat tetap beroperasi, maka material abu vulkanik dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan.

Ia melanjutkan, Lion Air Group akan berkoordinasi dengan AirNav, petugas layanan di darat (ground handling) dan pihak terkait lainnya untuk menjalankan prosedur operasional sesuai aturan keselamatan penerbangan. Di samping itu, perusahaan juga telah menginformasikan gangguan penerbangan ini kepada seluruh penumpang.

"Lion Air Group menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Grup Lion Air serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional," tegas dia.

Air Asia juga harus membatalkan 12 jadwal keberangkatan pesawatnya dari dan ke bandara Adisutjipto.

Adapun, penerbangan yang dibatalkan yakni empat penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur, satu penerbangan dari Singapura, lima penerbangan dari dan ke Jakarta, serta dua penerbangan dari dan ke Bali.

Head of Communications AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono mengatakan maskapai telah menginformasikan pembatalan penerbangan ini melalui surat elektronik dan pesan singkat. Nantinya, pelanggan yang penerbangannya dibatalkan berhak atas berbagai kompensasi.

Pertama, maskapai memperbolehkan penumpang untuk mengubah jadwal penerbangan dalam periode 14 hari dari jadwal semula. Kedua, AirAsia bisa memberikan deposit seharga tiket yang bisa dibelikan tiket lain dengan masa berlaku 90 hari.

Di samping itu, penumpang juga bisa meminta pengembalian dana secara penuh sejumlah pembayaran pada saat pemesanan tiket penerbangan. "Lalu juga ada ubah rute ke Semarang, Surabaya, atau Jakarta dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan," jelas dia. (lav/lav)