Tahun 2019, Pelabuhan Patimban Mulai Awal Operasi

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Jumat, 08/06/2018 00:25 WIB
Tahun 2019, Pelabuhan Patimban Mulai Awal Operasi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Pelabuhan Patimban mulai soft opening 2019. (Foto: CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan tahun 2019 nanti pemerintah akan melakukan soft opening atau pembukaan awal operasional Pelabuhan Patimban.

Setelah itu, pemerintah akan berusaha melanjutkan penyelesaian pembangunan pelabuhan secara keseluruhan.

Meskipun masih bersifat soft opening, pemerintah sudah berencana untuk melaksanakan kesepakatan perdagangan bebas di Pelabuhan Bebas dengan negara Afrika. Salah satu yang sedang dijajaki dengan Mozambique.


"Itu dilakukan supaya industri kendaraan kita yang ada di Karawang-Bekasi-Purwakarta bisa keluar dari situ," katanya, Kamis (7/6).


Luhut yakin jika semua upaya tersebut berhasil dan pembangunan bisa dituntaskan, Pelebuhan Patimban bisa memberikan dampak besar.

Untuk kegiatan bongkar muat barang, keberadaan Pelabuhan Patimban bisa mengurangi beban Pelabuhan Tanjung Priok.

Apalagi, selain ditopang Pelabuhan Patimban juga akan mendapatkan topangan dari Pelabuhan Banjarnegar.

"Bukan hanya itu, dengan adanya tiga pelabuhan; Patimban, Tanjung Priok, dan Banjarnegara kami yakin akan terjadi persaingan dan membuat biaya di pelabuhan bisa turun," katanya.

(agt/bir)