2019, Bantuan Program Keluarga Harapan Naik jadi Rp3,5 Juta

Agus Triyono, CNN Indonesia | Selasa, 26/06/2018 12:37 WIB
2019, Bantuan Program Keluarga Harapan Naik jadi Rp3,5 Juta Ilustrasi PKH. (Foto: ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Sosial Idrus Marham menyatakan bahwa pemerintah akan menaikkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2019 mendatang. Jika tahun ini bantuan hanya sebesar Rp1,89 juta per keluarga per tahun, pada tahun depan bantuan akan dinaikkan menjadi Rp2 juta per keluarga per tahun.

Bahkan, kenaikan bisa maksimal sampai dengan Rp3,5 juta per keluarga per tahun.

"Tidak hanya dalam bentuk PKH saja, akan ada bantuan sosial dan subsidi juga dari kementerian lain untuk masyarakat agar pengentasan kemiskinan bisa cepat dilakukan," katanya dalam pernyataan yang dikeluarkan Minggu (25/6).


Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan selain bantuan PKH untuk membantu keluarga miskin keluar dari kemiskinan, pemerintah juga akan memberikan bantuan tenda atau gerobak.


Dengan bantuan tersebut, dia berharap keluarga penerima manfaat bisa membuka usaha untuk memperbaiki tingkat pendapatan mereka.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (PS), angka kemiskinan di Indonesia sampai dengan September 2017 masih mencapai 26,58 juta jiwa atau 10,12 persen dari total penduduk.

Untuk menurunkan angka kemiskinan tersebut, tahun ini pemerintah telah menaikkan jumlah keluarga penerima bantuan PKH menjadi 10 juta keluarga.

Jumlah tersebut bertambah 4 juta dibandingkan jumlah penerima pada tahun lalu yang hanya sebanyak 6 juta keluarga penerima manfaat.

(agt/bir)